Follow Us @curhatdecom

Senin, 08 Agustus 2016

Resep Pizza Ala Resto


Gue kira bikin Pizza bakalan membutuhkan energi, tenaga, waktu, dan kemahiran tingkat dewa kwkwkw. Makanya selalu merasa gak sempet bikin makanan enak yang satu ini. Akhirnya kalau lagi pengen pizza selalu angkat telpon dan rogoh dompet dalam-dalam.

Tapi belakangan gue suka kecewa dengan rasa pizza dari resto yang mayan terkenal itu loh. Entah karena emang rasanya yang menurut gue gak seenak dulu, plus bikin gue pengen lari ke meja makan dan numpahin segala macam lauk yang ada di atas itu pizza saking dikitnya itu toping. Padahal harganya gak murah loh untuk pizza ukuran paling small.

Dan sebetulnya untuk pizza gue gak suka yang rotinya ketebalan apalagi pas udah dingin jadi keras. Gue suka yang tipis, nah di Banjarmasin ini gak ada resto favorite gue kek di Jakarta. Jadi ya solusinya ayo kita bikin sendiri dengan toping suka-suka.

Inti dari Pizza menurut gue adalah Dough atau rotinya. Sekarang Pizza udah macam-macam, ada yang tipis, di goreng, bahkan ada yang kriuk kek kerupuk (suami gue sebel makan yang model gini kwkwkw). Nah kali ini resepnya pizza sederhana ajah ya, karena Bahagia itu Sederhana #tsaaaaah... kwkwkw


Dough Pizza:
250 gr tepung terigu protein tinggi
150 ml air hangat
1 sdt ragi instan
½ sdt gula pasir
¼ sdt garam
1 sdm minyak goreng (boleh biasa boleh zaitun asal jangan jelantah yak :p)

Cara membuat Dough Pizza:
  1. Larutkan ragi, dan gula pasir dengan air hangat. Aduk dan diamkan sampai kira-kira 10 menit (berbusa)
  2. Campur terigu dan garam dibaskom, kemudian buat lubang di tengah-tengah adonan. Kemudian masukkan larutan ragi di tengah-tengah (lubang) adonan. Campur rata.
  3. Tambahkan minyak goreng, uleni adonan sampai kalis (tidak lengket).
  4. Diamkan kira-kira satu jam sampai mengembang 2x lipat sambil di tutup plastik wrap atau handuk/lap (pastiin bersih loh ya) lembab. Sebetulnya untuk lamanya proses istirahat ini sih tergantung suhu ruang masing-masing ya. Kalau mau cepet bisa di rekayasa dengan meletakkan di dekat magic com, atau di dalam oven yang sudah lebih dulu di panaskan 10-15 menit. Trus masukin deh adonan yang sudah di tutup plastik/kain ke dalam oven. Biarkan sedikit terbuka pintu ovennya. Trus klo udah hangat tutup ovennya.
  5. Cetak adonan di atas loyang bulat khusus pizza (gue pake cetakan Pie besar). Tapi klo gak punya anti maenstream dikit boleh kok dengan pakai loyang kotak buat bikin bolu kwkwkw. Eeeeeh tapi ya sebelumnya loyang di oleh tipis dulu dengan minyak. Ketebalan suka-suka kalian ajah mau kek gimana. Kalau gue adonan dibagi dua (karena pengen pizza tipis) trus separuhnya di simpan di dalam freezer. Bisa untuk 1-6 bulan kedepan klo mau bikin lagi gak usah ngulenin lagi hehehe.
  6. Terakhir taburi dengan toping suka-suka kalian ajah deh. Kalau gue sih doughnya di lapisi pake saos bolognes siap pakai, trus paprika, daging cincang, bawang bombay, dan Sosis. Biar rasanya mantap, kejunya pake mozarella ya guys. Tapi klo gak mau kemahalan bisa pake quickmelt biasa. Tapi emang ada harga ada rasa sih. Karena bikin sendiri enaknya kita bisa suka-suka isi dengan sebanyak apapun topingnya hehehe.
  7. Panggang di dalam oven dengan suhu 150-200 drajat celcius selama kira-kira 10-20 menit. Pokoknya perhatikan kejunya sudah meleleh dan si daging udah matang pizza siap di santap kok (apalagi kalau doughnya tipis cepet banget matengnya).

12 komentar:

  1. Subhanallah, Mbak Pita sudah pintar masak sekarang... Semoga tidak lupa dengan saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keadaan Danny alamsyaaaah 😘😘😘

      *gue tahu ini siapa aseli nya 😌

      Hapus
  2. Widiih De Pita pintar bingit bikin pizza. Copas ah. Mau buat juga. Tfs ya Dek :D

    BalasHapus
  3. Enak dah punya oven, gw bingung manggang dimana yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai telfon ajeeee mpok mande. Tapi apinya super kecil ya. Atau pakai happy call klo punya.

      Hapus
  4. ntah sama nth beda nih resto pizza yg dimaksd, tapi resto pizza fav ku pun, rasanya udh ga seenak dulu..topping dikit, hrg naik ;p.. rasa juga kacau.. makanya skr udh lama bgt ga makan pizza krn blm nemu yg enak lagi mbak.. mw bikin sendiri, g ada oven di rumah :D.. kyknya memang hrs beli happycall aja ya, biar ringkes.. mw beli oven juga percuma, masak sendiri aja bisa diitung 1 tangan dalam sebulan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake teflon ajah mba, bisa kok dengan api super kecil biar gak gosong

      Hapus
  5. Saya suka makanan kek gini, pengin gitu coba belajar bikin trus suami yg nyicipin*pengantin baru, ihirttt*. Tapi ternyata suami seleranya kampung. Wkwkwk.. Sayur asem ae lah XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayak suamiku donk, selalu "nuntut" kehadiran tempe di meja makan kwkwkwkw

      Hapus
  6. Asyikk .. Jadi ngintip resep pizza de pita hehhe pengen yang dah jadinya ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. tercium aroma-aroma moduuuuus kwkwkw

      Hapus