Follow Us @curhatdecom

Follow by Email

Monday, June 14, 2021

Cara Membuat Cokelat Praline

sumber gambar : pixabay


Guys siapa yang suka banget makan coklat? Kalau untuk dimakan sendiri sih enaknya tinggal beli jadi yekan? Tapi kalau untuk diberikan ke orang apalagi spesial, gak ada salahnya untuk coba bikin sendiri loh. Jaman sekolah dulu gue suka bantuin kakak yang jual cokelat praline gitu. 

Bahkan pas lebaran, dapat parcel kurma banyak banget, bingung mau diapakan akhirnya celup DCC (dark Chocolate Compond) jadilah kurma cokelat hahaha. Mau bikin tapi gak tahu caranya? Sini-sini gue bisikin. Gampaaaaaang banget loh guys. 

Berikut ini diantaranya ada cara mudah yang dapat dicoba dalam pembuatan cokelat praline , yaitu:

 

Bahan-bahan:

 

  • Dark cokelat batangan.
  • White cokelat batangan.
  • Pewarna makanan, bisa pilih yang warna merah.

 

Cara membuat:

 

  1. Potong kecil-kecil terlebih dahulu kedua jenis cokelat tersebut, pisahkan antara yang dark cokelat dan juga white cokelat. Kamu dapat memasukkannya kedalam mangkuk tahan panas, usahakan yang berbahan dasar logam sehingga nantinya akan mempermudah Anda dalam melelehkannya.
  2. Masak air hingga mendidih, , setelah mendidih dapat segera diangkat, kemudian taruh wadah cokelat tersebut diatasnya, aduk-aduk cokelat yang sudah dipotong tersebut hingga benar-benar leleh. Lakukan satu persatu mulai dari jenis dark cokelat dan juga white cokelat.
  3. Setelah melelehkan white cokelat maka bisa dilanjutkan dengan menambahkan beberapa tetes pewarna makanan untuk mendapatkan warna yang diinginkan, sambil diaduk-aduk.
  4. Setelah itu masukkan dalam cetakan khusus cokelat atau kamu bisa pakai cetakan es batu kalau kepepet hehehe
  5. Tuang cokelat yang ada di cetakan sebelum mengeras. Sehingga cokelat hanya ada di pinggiran cetakan. Setelah itu beri isian sesuai selera, bisa selai, kacang-kacangan, permen dsb. Baru kemudian tuang lagi sisa cokelat untuk menutup isian.
  6. Diamkan sampai mengeras dan keluarkan dari cetakan.

 

Tak hanya yang polosan, melainkan Anda sendiri juga bisa menambahkan beberapa isian yang sesuai dengan selera. Baik itu kacang mede, kismis dan sebagainya. Mudah sekali bukan, rasanya dijamin enak apalagi jika Anda memakai cokelat dengan merk yang bagus. Anda juga dapat menambahkan mentega maupun susu jika ingin rasa yang lebih kaya dengan tekstur tidak mudah leleh untuk cokelat tersebut. Bahan-bahannya bisa dibeli secara online mudah, yaitu cukup lewat TokoWahab saja.

No comments:

Post a Comment