Follow Us @curhatdecom

Follow by Email

Saturday, January 9, 2021

Tips Sebelum Melakukan SwabTest

Nemenin suami yang mau swab antigen 


Beberapa waktu lalu untuk kelengkapan syarat melahirkan, gue di haruskan menjalani swab test. Sebetulnya kalau boleh memilih, pengennya sih gak pakai swab test segala. Selain gak siap dengan efeknya yang katanya menyakitkan, bikin bersin-bersin berhari-hari atau bahkan sampai berair mata, ketakutan terbesar gue adalah melihat hasilnya. 

Walaupun sudah menjalani protokol kesehatan ketat, khawatir kecolongan. Banyak kan kasusnya yang dia gak kemana-mana, gak kontak langsung dsb tau-tau positif. Tapi kalau memang ternyata ada tanda-tanda kemungkinan Terinfeksi menghindari test adalah tindakan tidak bertanggung jawab. 

Setelah gue akhirnya melakukan test swab, meski gak nyaman prosesnya, tapi ternyata gak semengerikan itu loh. Tempat gue melakukan Test Swab juga sangat terjaga sehingga gak khawatir tertular dari peserta test lainnya. 

Nah buat kalian yang mau melakukan test swab, coba simak tips berikut ini ya... 

Survey dahulu Providernya

Ini penting ya, jangan sampai tempat test swab nya "abal-abal". Jaman sekarang gak sulit loh mencari riview dan testimoni dari sebuah provider. Jangan sampai kita kecewa dengan pelayanan dan bahkan hasil yang gak valid karena tidak profesional saat pengambilan sampel. 

Bahkan ada loh provider yang protokol kesehatan nya asal. Malah bisa jadi cluster baru karena banyaknya orang berkerumun.

Update Informasi 

Gue termasuk yang gak update soal swab test karena dulu sama sekali gak berniat melakukan test. Dan ternyata banyak ragam test untuk mengetahui ada tidaknya virus covid-19 di tubuh kita. Dulu gue taunya rapid aja. Ternyata perkembangannya sekarang ada beberapa jenis test. 

Bahkan sempat rancu di kalangan tetangga gue saat ada yang keluarganya positif dan melakukan swab mandiri. Karena alatnya mirip alat rapid tapi katanya pengambilan sampel nya bukan darah melainkan di swab/usap. Ternyata test yang di maksud rapid antigen.

Dengan update informasi kita juga bisa tahu kalau ternyata pemerintah menerapkan batas atas harga pelaksanaan test. 

Pilih Test yang Tepat

Beberapa waktu lalu saudara yang bekerja sebagai tenaga kesehatan sharing, kalau sebelum nya pernah positif covid-19 dan sudah sembuh, jika ingin melakukan test lagi sebaiknya pilih swab pcr. Sebab jika yang di pilih rapid hasilnya akan reaktif karena imun tubuh sudah terbentuk. Jadi daripada buang-buang biaya karena harus test dua kali, sebaiknya ketahui dulu informasi ini. 

Tenang Saat Pengambilan Sampel

Jangan panik saat pengambilan sample. Ikuti arahan dari petugas. Karena kalau sampai panik bisa-bisa semakin tidak nyaman dan bahkan bisa gagal mengambil sampel.

Nah semoga tips dari gue ini membantu kalian ya guys. Semoga kita semua diberikan kesehatan. Jangan lupa protokol kesehatan diri dan keluarga dijaga. 

No comments:

Post a Comment