Follow Us @curhatdecom

Follow by Email

Thursday, January 21, 2021

Seperti Inilah Beragam Manfaat ASI Eksklusif Untuk Bayi

Pada dasarnya, ASI eksklusif memang harus diberikan pada bayi sejak lahir ke dunia hingga usianya 6 bulan. Selama periode tersebut, disarankan bagi para ibu menyusui untuk memberi ASI eksklusif saja tanpa tambahan asupan lainnya. Pasalnya, cairan ASI eksklusif yang diproduksi secara alami dari tubuh wanita ini memang kaya akan kandungan nutrisi, sehingga sangat bagus untuk mendukung tumbuh kembangnya si kecil. Adapun mengenai kandungan nutrisi yang dimilikinya seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan lemak. Lalu, seperti apa sajakah manfaat ASI eksklusif untuk bayi? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini yang dilansir dari website parenting di indonesia.

1. Melindungi Bayi Dari Kuman

Manfaat ASI eksklusif pertama untuk bayi, yakni dapat melindungi tubuhnya dari serangan kuman. Pasalnya, saluran cerna pada bayi yang baru lahir itu masih dihuni oleh bakteri. Itu sebabnya, mengapa pemberian ASI eksklusif pada bayi yang baru lahir sangatlah penting. Bukan hanya itu, ASI juga kaya akan kandungan protein yang dapat melindungi bayi dari kuman, sehingga mampu meminimalisir risiko beragam penyakit kronis seperti radang paru-paru hingga mempercepat proses pertumbuhan.

2. Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

Perlu bunda ketahui, bahwa di dalam ASI itu terkandung asam lemak yang begitu penting guna mendukung perkembangan otak anak. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, ASI mampu membantu perkembangan sensorik serta kognitif pada bayi lho. Tentunya pemberian ASI eksklusif sangatlah penting pada bayi berusia 6 bulan, karena perkembangan otaknya terjadi paling pesat pada 5 tahun pertama hidupnya.

3. Mampu Mencegah Diare dan Malnutrisi

Bayi yang baru lahir itu sangat rentan terhadap serangan penyakit, dikarenakan system kekebalan tubuhnya belumlah sempurna. Pemberian ASI eksklusif mampu melindungi tubuh bayi dari penyakit yang berkaitan dengan system imun tubuh seperti diare, bahkan hingga mencukupi kebutuhan nutrisinya yang dapat menghindari risiko malnutrisi (kekurangan gizi).

4. Memperkuat Ikatan Emosional Bayi dan Ibu

Berdasarkan dari hasil penelitian, ibu yang menyusui ASI secara langsung akan lebih sensitive terhadap isyarat bayinya. Hal itu dikarenakan ibu menyusui cenderung lebih menyentuh, membelai, hingga menatap bayinya dengan lama. Alhasil, hal itu akan menciptakan bonding antara ibu dan bayi menjadi lebih  erat.

5. Dapat Mengurangi Risiko Kanker

Tak hanya bermanfaat untuk bayi, ternyata pemberian ASI eksklusif juga bermanfaat bagi ibu menyusui lho. Hal itu pun dibenarkan oleh beberapa penelitian, yang menyebutkan bahwa pemberian ASI eksklusif mampu mengurangi risiko terhadap penyakit kanker tahim dan kanker payudara. Pasalnya, saat si kecil menyusui maka sel-sel payudaranya akan rutin akan memproduksi ASI sehingga kecil kemungkinan terjadi penyimpangan kinerja sel. Bukan hanya itu, ibu menyusui juga mempunyai kadar hormone estrogen yang lebih rendah akibat berkurangnya frekuensi menstruasi, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit kanker.

6. ASupan Yang Higienis dan Aman

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa ASI eksklusif merupakan cairan yang diproduksi secara alami oleh tubuh wanita. Tentu saja ASI sudah terjamin higienis dan aman dikonsumsi oleh si kecil ketimbang menggunakan susu formula. Pasalnya, susu formula diproses melalui beragam peralatan sehingga rentan tercemar oleh bakteri dari air, maupun botol susunya yang tidak bersih.

Demikanlah ulasan singkat mengenai beberapa manfaat dari ASI eksklusif untuk bayi, sehingga bisa bunda jadikan sebagai penambah wawasan. 

 

No comments:

Post a Comment