Follow Us @curhatdecom

Follow by Email

Sunday, December 8, 2019

Wisata Edukasi Murah di Taman Pintar Jogja

3:42:00 PM 1 Comments
Gerbang dari air mancur, ngeri-ngeri sedep kalau ada salah teknis salah-salah kesiram kwkwkw

Halooo... salam happy dari emak-emak yang lagi liburan di Jogja hihihi (pamer bin norak ceritanya wkwkwkwk). Jadi setelah maju-mundur rencana ke Jogja gak jadi karena faktor tanggal tua dan gak jadi bawa kendaraan, akhirnya gue dan Gazaro mendaratkan kaki di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dan setelah sampai Jogja sebetulnya malah bingung mau kemana kwkwkw. Karena biasanya yang ngajak jalan-jalan itu kan suami, nah suami gak ikut ke Jogja, jadinya jalan-jalan sendiri donk. Mana gak hapal daerah Jogja. Dan karena naik motor gak berani jauh-jauh, khawatir Gaza tidur di motor tambah rempong.


Tau donk gong Perdamaian, ternyata yang di Jogja ada di Taman Pintar ini

Trus PR nya juga adalah nyari tempat wisata yang kira-kira bisa dinikmati juga sama Gazaro. Klo googling sih wisata Jogja sekarang super buanyak guys. Tapi sayangnya kebanyakan tempat tuh cuma sekedar jadi wisata foto-foto.

Setelah gajian cari-cari refrensi, pilihan jalan-jalan hari ini adalah ke Taman Pintar di Jl. Penembahan Senopati No. 1-3, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta. Lokasi persisnya tuh deket banget dari Jl. Malioboro loh guys. Dari Malioboro setelah lampu merah di km 0 belok kiri, gak sampai 500meter sampai. Bisa juga menggunakan Trans Jogja dan turun di halte terdekat.

Tempat Wisata Edukasi

Serius gue cuma numpang foto kok, gak sampai ngusir anak-anak yang lagi main kwkwkwk

Kalau dari namanya saja sudah pasti ketebak donk, kalau kayaknya tempat ini sangat intelektual hihihi. Sebelum berangkat tanya-tanya sama Mama Mertua gambaran tempatnya. Kata mama mertua disana banyak arena permainan, masuknya gratis. Tapi kalau mencoba wahana-wahana bayar. Oke baik, bayangan gue ini tuh seperti masuk Dufan (dunia fantasi) yang banyak wahana bermain. Tapi ternyata begitu gue masuk lebih mirip masuk ke museum IPTEK Taman Mini Indonesia Indah kwkwkw

Gue sengaja datang menghindari weekend. Karena memang males kalau sampai ramai gitu. Dan bener donk, datang hari kamis jam 9 pagi sepi guys hihihi.


Gazaro ada "Kakak" baru main pancuran...

Oh iya tempat ini buka dari jam 8 pagi sampai 4 sore. Tapi tadi lihat di running text untuk playgroundnya bisa dinikmati sampai jam 9 malam.

Oke, jadi arena ini terdiri dari beberapa tema besar. Dan disinilah bayangan awal gue tentang taman pintar mendapatkan penerangan.

Karena gue bawa motor, jadi pintu masuk yang gue lewati adalah pintu samping. Begitu masuk pertama yang gue temui adalah Musolah yang cukup besar dan nyaman, serta toilet yang juga lumayan.


Betah deh dia mah kalau main band tabok gini :D

Setelah itu ada semacam kedai mini yang menjual minuman yang bersebelahan dengan wahana air. Wahana air ini termasuk kategori playground yang disediakan gratis untuk pengunjung. Ada semacam kincir air, tembak-tembakan air, dan kolam air mancur. Gazaro seneng banget di bolehin main air pancuran, untung emaknya selalu sedia baju ganti di tas hihihi. Cuma sayangnya area air mancur ini kurang bersih. Banyak lumut sehingga lantainya licin banget. Gazaro juga sempat jatuh.


Kalau mau menikmati beberapa wahana jangan lupa beli tiketnya dulu ya guys...

Setelah itu jika masuk ke dalam ada beberapa bangunan seperti Zona PAUD dan Planetarium. keduanya berbayar. Gak mahal kok, zona Paud sekitar Ro 3.000,- dan untuk planetarium Rp 22.000,-. Didalam ada lego dsb. Tapi karena gue keburu masuk Oval Kotak duluan dan kecapekan rencana nyoba Zona Paud gagal.

Sedangkan planetarium ada jadwal sendiri. Dan karena sudah kelewat, jadilah gue gak masuk. So gue fokus masuk ke Oval Kotak aja.

Oval Kotak Museum Iptek ala Taman Pintar

Berbagai kegiatan yang menarik banget buat anak-anak ada di Taman Pinta Jogja

Gue sempat mengira, karena namanya Taman Pintar gue pikir ya memang hanya taman saja dengan berbagai permainan edukatif. Ternyata ada satu gedung utama yang gue kira sebagai gor merupakan wahana utama yang menjadi favorit banyak orang, yaitu Oval Kotak.

Sebelum masuk gue tanya dulu sama security apakah ada tiket masuk atau tidak. Ternyata memang ada loket yang khusus untuk menjual tiket seluruh wahana (Planetarium, Zona Paud, perahu karet dsb termasuk tiket Oval Kotak).

Sebetulnya salah satu cita-cita liburan lama di Jogja pengen kurus, tapi apalah daya kwkwkwkw...

Tiket dewasa dikenakan Rp 20.000,- dan anak-anak Rp 12.000,-. Bagian yang gue suka adalah, di bawah 3 tahun gratis hihihi.

Nah didalam Oval Kotak inilah gue seperti masuk ke Museum IPTEK taman mini. Banyak banget berbagai informasi yang berhubungan dengan sains didalamnya. Bahkan ada beberapa permainan yang bisa di coba.

Misal sepedah kayuh yang bisa menyalakan lampu, sepeda kayuh yang bisa menerbangkan bola, mengayuh sepedah dan patung tengkorang disebelah ikut bergerak (horor sih ini), memutar tuas (Gazaro exited banget) dsb.

Sangat informatif loh di area Oval Kotak
Selain sains ada juga beberapa pengetahuan umum seperti tentang tubuh, lingkungan, sampai sosial budaya. Pokoknya super lengkap.

Sayangnya tidak ada petugas yang membantu menjelaskan, kalau ada pasti tambah seru banget deh. Anak-anak juga semakin paham bukan sekedar dari informasi yang tertulis.

Buat yang ke Jogja mencari wisata edukatif, Taman Pintar ini bisa jadi solusi loh. Jangan takut kelaparan dan kehausan, karena ada Foodcourtnya juga. Meski begitu pengunjung tidak dilarang membawa makanan dari luar kok. Hanya saja WAJIB menjaga kebersihan ya...