Follow Us @curhatdecom

Follow by Email

Sunday, May 19, 2019

Resep : Skippy Thumprint Cookies

Ramadan tiba... Ramadan tiba... Ramadan tiba... Tiba-tiba Ramadan dan aneka inspirasi mau makan kue lebaran apa seliweran di otak gara-gara lihat instagram hehehe. Entah kenapa setiap hamil gue tuh selalu ngidam makan nastar. Apalagi pas mendekati bulan suci Ramadan. Rasa mau makan nastar belum pada waktunya (lebaran) aja hahaha.

Nah karena gue lumayan protektif sama kriteria nastar yang di pengenin (nastar aja protektif apalagi pilih pasanga, eaaaa) jadilah agak random kalau nastarnya harus beli. Jadi gue pengen nastar yang isiannya manis asem, tapi cookies nya gak terlalu manis. Trus ada aroma butter, tapi gak mau yang terlalu nyegrek wanginya. Trus dia lumer di mulut, tapi gak boleh langsung ambyar saat di gigit. Nah rempong kaaan kwkwkw

Sebelnya tuh, akhirnya banyak yang komen di sosmed beli di sini, merk ini dan itu. Tapi ketika gue tanya sesuai ekspektasi gue gak cuma di jawab "enak pokoknya" atau malah ada yang lebih parah "gue belum pernah beli sih, tapi lumayan laris banget dia" eaaaaa

So, akhirnya gue putuskan untuk bikin sendiri aja deh. Mulai buka-buka timeline instagram yang mana resep nastar bertebaran hahaha. Tapi pada akhirnya gue tanya resep ke sepupu suami yang mana gue inget waktu lebaran ke rumahnya gue merasa itu adalah nastar terenak yang pernah gue makan hihihi.

Tapi guys gue kali ini bukan mau curhat soal perjuangan gue mendapatkan si nastar lewat proses yang panjang yes. Tapi gue mau cerita soal efek samping scrolling timeline instagram saat pencarian resep nastar tersebut. Efek sampingnya adalah ternyata gue jadi ngiler bikin kue lainnya hahaha. Beberapa kue akhirnya gue simpen resepnya karena kebetulan gue punya bahan-bahannya di rumah.

Nah yang akhirnya gue eksekusi itu adalah Skippy Thumprint Cookies. Dari namanya aja udah tahu donk kalau gue akan pakai Skippy yang rasanya mantul (mantap betul) itu. Yups bagi penyuka selai kacang pasti setuju kalau Skippy masuk kategori selai kacang yang favorit banget. Oh iya gue pakai resep dari akun IG @hanhanny. Entah ini hasil pemikirannya sendiri, atau gak karena banyak juga sih sliweran resep serupa.


Dalam resep nya sih dia pakai selai cokelat. Tapi kalau lihat penampakannya mungkin ada yang berpikir sama dengan gue kalau klasiknya kue ini Filling-nya selai bluberry atau strawberi. Cuma biar kekinian pakai selai-selai yang nge-hits aja. Makanya biar gak kalah kekinian gue pakai Skippy Peanut Butter sebagai Filling-nya. Dan gue rekomendasikan cookies satu ini ada daftar isian toples lebaran kalian deh.

Cuss deh simak resepnya berikut ini

Bahan-bahan:
75 gram Butter
75 gram Margarin
95 gram gula halus
1 butir kuning telur
25 gram Tepung Maizena
25 gram Susu Bubuk
225 gram tepung terigu
1/2 sdt Vanili cair (gue gak pakai sih karena gak ada hehe)

Filling : Skippy Peanut Butter secukupnya dimasukkan ke dalam plastik segitiga (pakai plastik kiloan biasa juga bisa tinggal gunting ujungnya). Atau pakai sendok juga gak papa, ini cuma buat mempermudah kok :)



Baluran/celupan:
Keju Cheddar parut secukupnya
1 butir putih telur

Cara Membuat:


  1. Campurkan dalam wadah, kuning telur, butter, margarin, gula halus, dan vanilli cair. Kocok/mikser sebentar cukup tercampur rata saja. Kalau gue sih pakai wisker aja lumayan olahraga dikit dan hemat listrik hihihi
  2. Masukan tepung maizena dan susu bubuk aduk rata dengan spatula.
  3. Masukan tepung terigu aduk rata lagi dengan spatula. Atau biar yakin banget bisa langsung uleni pakai tangan. Pastikan kalian sudah cuci tangan ya guys, atau pakai sarung tangan :)
  4. Bulatkan adonan dengan ukuran sesuai selera. Kalau gue di timbang satu per satu @12 gram. Hasilnya sekitar 54 pcs jadinya.
  5. Setelah itu celupkan ke putih telur, baluri ke keju parut. Lalu tekan tengahnya perlahan dengan ujung jari. 
  6. Tata dalam loyang, kasih jarak ya antara satu kue dengan yang lainnya. Khawatir pas di oven nanti mereka bergandengan tangan hihi
  7. Bagian bolong tengahnya (Jangan sampai tembus ya, ini bukan donat say hehehe) beri isian Filling Skippy Peanut Butter.  
  8. Panaskan oven disuhu 140 dc, panggang kurang lebih 30 menit atau hingga matang sesuaikan dengan suhu oven masing-masing ya.
  9. Setelah matang, dinginkan dulu baru kemudian masukkan cookies ke dalam mulut eh toples maksudnya hehehe. Tutup rapat supaya tetap renyah.

Tips:
  1. Saat memanggang jangan terlalu percaya dengan oven kalian. Karena biasanya oven panasnya gak rata. Jadi harus tetap di putar-putar yang guys. Biasanya sih gue per 15 menit loyang diputar.
  2. Gue kebetulan masak di pabrik adik yang punya usaha roti. Dia pakai oven gas listrik. walau begitu tetap harus di putar ternyata. 
  3. Masak kue itu gak bisa pakai ilmu kira-kira apalagi untuk takaran adonan (kalau toping atau filing bebas ini mah) jadi kalau bisa jangan di kurang-kurangi atau tambahin suka-suka ya hehehe. Apalagi soal suhu atau temperatur saat memanggang. Sebaiknya pasang termometer pada oven kalian. Salah satu alasan kenapa gue ngungsi ke pabrik adik gue adalah karena oven tangkring gue baru dan gue belum beli termometernya. Sempat bikin nastar gosong guys kwkwkw
Semoga resep kali in bermanfaat ya, salah satu alasan gue share di blog supaya kalau mau bikin lagi gak lupa nyimpen catatan dimana hahaha. Menurut gue pribadi ini resep paling guampang banget di bandingkan nastar. Karena ternyata cepet banget bikinnya dan simple. Gak sampai 30 menit ngadonin sampai nyetak. Kalau nastar dari bikin selainya ajah udah aduhai hahaha.

No comments:

Post a Comment