Follow Us @curhatdecom

Follow by Email

Wednesday, May 22, 2019

Aksi Hebat Ramadhan Bersama Bebelac

Guys... beberapa waktu lalu gue dapat kesempatan menghadiri event yang diselenggarakan oleh Bebelac di Hotel Four Point. Dan sebelumnya gue mau mengapresiasi dulu event yang menurut gue oke banget. Salah satu yang bikin gue tersentuh adalah karena di event ini penyelenggara menyediakan arena playground untuk anak-anak lengkap dengan penjaganya. Dan penjaganya itu bukan gue perhatikan memang "guru". Karena cara dia memperlakukan anak-anak beda.

Gue sangat tertolong karenanya, jadi bisa fokus menyimak materi-materi kaya 'nutrisi' untuk pengetahuan seorang ibu. Yang udah-udah seringnya gue kalau datang event udah keburu ditolak klien karena nanya "boleh bawa anak?" hihihi

Bebelac kali ini mengusung tema tentang aksi hebat. Kalau lihat seliweran iklannya di tv sih semacam kepekaan sosial anak terhadap lingkungannya atau Tanggap Bersosialisasi. Dalam hati gue mikir, wow minum susu masa bisa bikin anak jadi penuh cinta dan perhatian gitu sih? Tapi ternyata bukan tidak mungkin, jika stimulasi dari lingkungan didukung dengan nutrisi yang tepat.


Mengasah kebesaran hati penting disertai dengan tanggap yang lengkap. kalau ingin anak-anak cerdas pastikan dia bahagia dan releks bukan tegang.
Tempat ini yang membuat Gaza lupa sama emaknya dan susah di ajak pulang kwkwkw

Asah kebesaran hati si kecil seiring daya pikirnya (Roslina Verauli)

Empati butuh diwujudkan dengan aksi-aksi hebat. Aksi hebat butuh di fasilitasi. mumpung bulan ramadhan yuk kita bersama melakukan aksi hebat agar menjadi contoh bagi anak-anak. Tentunya kita mau dong anak-anak kita Punya Rasa Peduli terhadap ornag lain dan lingkungannya.

Ada gak anak baik vs anak tidak baik? Ternyata kebesaran dan kebaikan tidak dibawa saat lahir, butuh distimulasi. 

Ternyata aksi hebat yang menggambarkan kebesaran hati anak ditentukan oleh tuntutan situasi yang ada (Penelitian Hartshorne & May dalam Vasta, Miller, & Ellis 2004)
Seneng banget dapat flashcard yang membantu ibu-ibu minim ide harus main apa sama si kecil supaya tepat stimulasi. Ini Kak Ros yang jadi tim penyusunnya loh...

Aksi-aksi hebat:
1. Menolong
2. Berbagi
3. Bekerja sama

Situasi Sosial di sekitar si kecil
Bullying: 40% anak-anak yang menjadi pelaku di usia 24 tahun menjadi pelaku kriminal. Sedangkan anak-anak yang menjadi korban di masa kecil, berpotensi mengalami hal serupa di masa SMP dan SMA.

Tayangan Kekerasan dan Bencana Alam. Kita perlu memberikan filter kepada anak menyaksikan tayangan-tayangan tersebut.

5 tahap perkembangan empati
  1. Secara refleks ikut menangis mendengar tangisan bayi lain
  2. Berempati tanpa batas, butuh kecerdasan berpikir. Artinya membutuhkan stimlasi dan nutrisi.
  3. Berempati namun masih dalam sudut pandang pribadi
  4. Anak semakin mampu berempati dalam cara yang tepat (2-3-4 tahun)
  5. Berempati dengan kemampuan yang lebih baik dalam berpikir tentang perspekif orang lain (SD)

Mewujudkan kebesaran hati si kecil menjadi aksi hebat di bulan ramadhan
  • Kecerdasan berpikir: Prosocial reasoning & mental state understanding
  • Kecerdasan emosional : Empati. 
  • Kecerdasan emosional. Usia Golden Age sangat baik untuk mengembangkan ini.
  • Kecerdasan sosial: Kesempatan untuk melakukan aksi hebat. Aspke sosial budaya dan keluarga menjadi penting (model perilaku dari orang tua, dan penguat (reinforcement)

Pentingnya Nutrisi dan Kesehatan Pencernaan untuk Perkembangan Otak dan Emosi Anak (Prfo Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc.)




Banyak orang pernah mendengar istilah nutrisi seimbang. Kenapa seimbang? Karena ditunjukkan dengan bentuk tumpeng. Tapi banyak orang tidak banyak mendengar tentang nutrisi spesifik. Nutrisi untuk otak. Otak akan mengontrol kecerdasan sosial dan emosional. KArena tugasnya banyak maka otak membutuhkan nutrisi yang spesifik

Nutrisi spesifik juga dibutuhkan untuk pencernaan sehat. Saluran cerna juga sama pentingnya dengan otak. Bahkan bisa di katakan saluran cerna adalah 'otak' kedua. Jadi saluran cerna juga harus sehat.

Nutrisi Umum untuk anak usia >1 tahun
Susu: maksimal 30% total kalori/hari 400-500ml/hari
Sumber protein 1 gr = 4 kalori), dan lemak (1 g = 9 kalori)
vitamin, mineral dan serat alamiah
sumber energi utama: 1 gr KH = 4 kalori

Nutrisi Spesifik untuk anak usia >1 tahun
Asam lemak sesnsial adalah pecahan dari lemak (AA, DHA), dan asam Amino essensial
Tambahan Vitamin, mineral dan probiotik
Vitamin A dan D, Mineral Besi dan Seng serta serat sebagai Prebiotik yaitu makanan untuk mikrobiota usus


Kesehatan Pencernaan & Nutrisi Spesifik
Apa Pentingnya Saluran cerna yang sehat?
Usus adalah organ yang kompleks
  • 60-70% sel imun
  • 100 trillyun bakteri "Mikrobiota usus"
  • 100 juta neuron
  • Menghasilkan 95% serotinin tubuh = mood/emosi
Pentingnya aspek penyajian hidangan anak
  • Rangsang makanan: Penampilan, Konsistenasi, aroma, rasa, suara
  • Panca indera: mata, raba, hidung, lidah, telinga
  • Rekaman di Otak

Mekanisme utama Gut-Brain Crosstalk
  • Dari mikrobiota usus ke otak
    • produksi, ekspresi dan pergantian neurotransmiter dan faktor neuro....*
Mikrobiota berperan pada perkambangan otak dan memiliki pola perkembangan yang paralel.

Perkembangan Otak dan Emosi anak Usia > 1 tahun
Kemampuan fisik, intelektual, emosi dan sosial berkembang dengan pesat.

Anak Tanggap secara intelektual, emosi dan sosial.

Anak yang nutrisinya terpenuhi akan tumbuh menjadi anak yang Cepat Tanggap. Kalau istilah orang dewasa gak lemot hihihi. Jadi yang dewasa kalau lemot antara kurang oksigen atau kurang nutrisi nih.

Talkshow Bersama Shiren Sungkar



Dulu waktu jadi ibu, saya pikir ya udah lah ya punya anak melahirkan udah selesai. Tapi ternyata setelah jadi orangtua ternyata banyak yang perlu di pelajari. Menurut aku nutrisi penting banget, karena ternyata semua itu berkaitan. Apalagi untuk perkembangan anak-anak. Jadi sebagai ibu aku mau memberikan nutrisi yang terbaik. 

Dalam event kemarin ternyata Bebelac tidak hanya menghadirkan pembicara-pembicara kece loh. Tapi juga ada selebritis Shiren Sungkar yang merupakan ibu dari Adam, Hawa dan Sofia. Buah cintanya bersama Tengku Wisnu (bahasa gue kok ala infotainment gini yak kwkwkw)

Seneng banget bisa melihat Shiren sungkar dari dekat. Meski sering kepoin akun instagram dan Youtube channelnya bersama sang kakak, ternyata melihat dari dekat membuat gue semakin yakin kalau si embak ini beneran polos loh orangnya, apa adanya dan lucu.

Sejak keluarga ini memutuskan hijrah, ada banyak pelajaran terutama soal mendidik anak yang bisa di tiru. 


Kita gak boleh menyepelekan hal baik sekecil apapun yang anak lakukan di rumah. Misalnya gimana anak bisa menunjukkan empati atau cara sosialisasi dia seperti apa. Ketika anak sudah bisa mengekspresikan rasa sayang kepada orangtua rasanya sudah bikin bahagia banget.

Banyak banget hal kecil yang saya anggap hal besar dari perkembangan Adam. Misalnya adam membantu adiknya jatuh dsb. Anak adalah peniru/followers. Maka sebisa mungkin berikan contoh yang baik-baik ajah di rumah.




Sebetulnya kemarin gue punya pertanyaan untuk ke tiga narasumber. Hanya saja karena waktu terbatas yang semula diberikan kesempatan untuk 3 penanya, jadi hanya satu penanya saja.

Yang bertanya adalah seorang ibu single parent dari Bandung. Beliau curhat tentang anaknya yang kerap di bully. Sebagai single parent beliau mengakiui bahwa ada yang "salah" dalam memberikan pendidikan dan perhatian kepada buah hatinya.

Yang bikin gue surprise adalah, suasana yang tadinya ceria, Kak Ros selaku psikolog yang kebagian menjawab pertanyaannya tiba-tiba menjawab dengan bahasa yang masyaalla syahdu. Bener-bener psikolog menurut gue, ketika menjawab bahasa yang di gunakan, intonasi yang keluar semuanya menunjukkan empati. Sehingga siapapun pasti setuju kalau tiap nasehat yang beliau ucapkan tidak seperti sedang meggurui bahkan menyalahkan.
Bebelac ada kemasan UHT siap minum, kemarin GazaRo dapat di arena playground hihihi

Gue yang tadinya kecewa gak dapat kesempatan bertanya akhirnya menerima, ternyata ada yang lebih membutuhkan dari gue.

No comments:

Post a Comment