Follow Us @curhatdecom

Follow by Email

Thursday, April 25, 2019

Bahan-bahan Alami Yang Dapat Dijadikan Obat Batuk Anak




Batuk yang disertai pilek merupakan sebuah penyakit yang kerap diderita oleh anak-anak. Adakalanya juga kita sebagai orangtua merasa sedih, jika harus melihat si kecil menderita seperti itu. Selain susah makan, kondisi batuk dan pilek itu juga membuat si kecil susah tidur. Alhasil, kita pun harus membawa si kecil ke dokter anak terdekat agar mendapatkan penanganan dan obat yang tepat. Selain dibawa ke dokter anak, ada beberapa bahan-bahan alami yang dapat dijadikan obat batuk anak lho. Bahan-bahan seperti apa sajakah itu? 

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

Menggunakan Campuran Pasta Kacang Almond & Susu

pixabay
Bahan-bahan alami pertama yang dapat bunda jadikan obat batuk untuk anak, yakni dengan menggunakan campuran pasta kacang almond dan susu. Cara pengerjaannya pun sangat mudah! Siapkan 1 gelas susu hangat, tambahkan dengan pasta kacang almond secukupnya, kemudian aduk-aduk. Suruh si kecil untuk meminumnya sampai habis tersisa. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, minumlah ramuan ini sebanyak 2 gelas dalam sehari.

Campuran Susu & Kunyit

Pixabay
Selain menggunakan campuran pasta kacang almond & susu, bunda juga bisa menggunakan campuran susu & kunyit untuk mengobati batuk pada si kecil. Kita langsung saja ke cara pengerjaannya, sediakan 1 gelas susu hangat, tambahkan dengan 1 sendok teh bubuk kunyit, kemudian aduk-aduk agar tercampur rata. Minumkan pada si kecil sampai habis tak tersisa. Agar proses penyembuhannya singkat, bunda harus memberikan ramuan ini setiap malam sebelum si kecil tidur.

Menggunakan Madu & Jeruk Lemon

Memang sudah sejak dari dulu, madu ini terkenal akan khasiatnya untuk mengobati batuk dan pilek pada anak maupun orang dewasa. Berdasarkan dari hasil penelitian, madu mempunyai kandungan antimikroba yang dapat membantu dalam melawan virus penyebab batuk dan pilek. Tak hanya itu saja, rasa manis pada madu juga dapat mengencerkan lendir atau dahak sehingga menjadi lebih mudah dikeluarkan. Mengenai cara pengerjaannya, sediakan 1 – 2 buah jeruk lemon, peras airnya, lalu sisihkan kedalam mangkuk. Campurkan dengan madu sebanyak 1 sendok makan, aduk-aduk, lalu suruh si kecil untuk meminumnya sampai habis.

Menggunakan Jahe

Pixabay
Sama halnya dengan madu, tanaman jahe juga kerap digunakan masyarakat untuk mengobati batuk dan pilek. Jika si kecil tidak begitu suka dengan rasa asli dari jahenya, bunda bisa menyajikannya dengan cara membuat wedang jahe. Lantas, bagaimanakah cara membuatnya? Sediakan 1 ruas jahe, cuci sampai bersih, kemudian bakah hingga aromanya tercium. Setelah itu geprek jahe tersebut sampai gepeng, lalu rebus dengan air sebanyak 200 ml sampai mendidih. Tambahkan gula atau madu secukupnya, aduk-aduk, sisihkan kedalam gelas, dan tunggu hingga hangat. Jika sudah hangat, minumkan pada si kecil sampai habis.

Menggunakan Bawang Putih

Bawang Putih, Bumbu, Bumbu Makanan
Pixabay
Bahan-bahan alami berikutnya yang bisa bunda jadikan obat batuk pada anak, yakni dengan menggunakan bawang putih. Dalam hal ini, bunda bisa membuat segelas jus dengan mencampurkan bawang putih dan madu, dan beri si kecil ramuan tersebut sebanyak 2 gelas dalam seharinya. Dengan begitu, maka batuk yang di derita si kecil akan mereda dan berangsur-angsur sembuh.
Itulah bahan-bahan alami yang dapat dijadikan obat batuk pada anak. Bagaimana, apakah bunda tertarik untuk mencobanya?


No comments:

Post a Comment