Follow Us @curhatdecom

Follow by Email

Tuesday, February 5, 2019

Inilah Cara Membuat Desain Denah Rumah Minimalis Yang Sederhana


Gak terasa gue udah balik ke Ibukota hampir setahun. Yah lebih tepatnya sih sekarang tinggal di depok. Sampai sekarang gue masih suka kangen sama rumah di Banjarmasin. Belum ada yang nyewa dan gak ada yang urus. hiks...

Rumah di Banjarmasin sangat berkesan buat gue. Meski rumah KPR, tapi sebelum di tempati bagian teras belakang di renovasi. Rencanaya sih pengen bikin rumah yang instagramebel. Tapi baru 3 bulan nempatin, kudu banget pindah ke Jakarta karena mutasi. 

Saat ini sih gue lagi menempati rumah sewa di sebuah cluster kecil di Depok. Sempat tanya sama Suami, tertarik gak beli rumah di Jakarta dan sekitarnya? Katanya tertarik, tapi gue kok lebih tertarik rumah desain sendiri ya. Karena lebih sesuai dengan kebutuhan dan gak pasaran kayak tetangga yang tinggal satu komplek hhihihi...

sumber gambar Pixabay


Saat hendak membangun sebuah rumah, tentu saja kita membutuhkan sketsa denah sehingga desain rumahnya sesuai dengan yang inginkan. Dalam hal ini, biasanya kebanyakan kita akan menggunakan jasa arsitek. Padahal, cara membuat desain rumah itu bisa kita buat dengan tangan sendiri lho. Seperti yang dikutip dari situs desain rumah minimalis, berikut di bawah ini ada beberapa cara dalam membuat desain denah rumah minimalis yang sederhana :

1. Tentukan Dulu Data Penghuninya
 Langkah pertama yang harus kamu lakukan dalam membuat desain denah rumah minimalis, yakni tentukan dulu data penghuninya. Misalkan saja keluargamu terdiri dari 3 – 4 orang seperti ayah, ibu, dan dua anak. Jika sudah demikian, tentunya kamu akan mendapatkan gambaran tentang luas rumah yang diperlukan.

2. Buat Program Ruangan
Dalam hal ini, kamu harus membuat program ruangan beserta ukurannya. Contoh => kamar tidur 3 x 3 m, kamar mandi 1,5 x 1,5 m, ruang keluarga 3 x 3 m, ruang bermain, taman, tempat cuci, dan lain sebagainya.
3. Membuat Sketsa Lahan Pada Kertas Milimeter
Sangat disarankan bagi kamu untuk menggunakan kertas milimeter dalam membuat sketsa lahannya. Di samping itu, kamu juga jangan sampai lupa untuk membeli perlengkapan alat tulisnya seperti pensil, penghapus, penggaris, dan sebagainya. Mengenai cara membuatnya, ambil kertas milimeternya, kemudian mulai gambar ukuran lahannya.

4. Menggambar Garis Bantu
Agar kamu lebih mudah dalam menempatkan ruang, maka kamu harus menggambar garis bantu. Mulailah dengan menggambar garis bantu dari area horizontal berjarak 5 meter dari depan, dan 3 meter dari samping 3 x 5 meter dengan ukuran standard carport untuk desain rumah minimalis. Dengan ukuran tersebut, maka luas lahan rumahnya dapat menampung sebuah mobil tanpa harus memakan lahan orang lain atau jalan.

5. Posisikan Ruangan Yang Berdasarkan Garis Bantu
Sangat penting bagi kita untuk menetapkan konsep ruang yang berdasarkan garis bantu yang sudah kmau gambar. Dengan kata lain, hal ini hanyalah sebuah konsep yang artinya ruang tersebut tidak harus selalu sesuai dengan ukuran yang sudah ditetapkan pada program ruang tahap 2. Pada intinya, kamu kira-kira saja ruangan mana yang perlu dibuat dan ruangan mana yang tidak perlu dibuat.

6. Menambahkan Kembali Garis Bantu
Selanjutnya tambahkan kembali garis bantu yang menurutmu perlu. Misalkan saja untuk ukuran kamar mandi yang menjadi 2 x 2 meter. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan ukuran pada bagian teras depan dan belakang dengan menggambar garis merah berjarak 1 meter dari garis bantu tersebut. Warna merah ini berfungsi untuk memudahkan kamu dalam mencari tanda, sehingga kamu dapat memberi gambar tambahan dengan menggunakan pensil.

7. Melakukan Trial-Error
Pertebal garis yang menurutmu sudah cocok, kemudian hapuslah garis bantu yang sekiranya tidak cocok. Cara penghitungannya mulai dari jumlah total pada setiap ruangan, yang kemudian akan ditambahkan dengan setengah dari luas area teras rumah. Teras dihitung dari setengah, dikarenakan pembangunannya hanya membutuhkan setengah dari biaya pembangunan per meternya.

8. Salin ke Kertas HVS Berwarna Putih
Supaya memperjelas dan mempermudah dalam pemahaman denahnya, disarankan bagi kamu untuk menyalin sketsa tersebut ke kertas HVS yang berwarna putih.
Itulah beberapa cara dalam membuat denah rumah minimalis, yang tentu saja bisa kamu coba sendiri.


No comments:

Post a Comment