Follow Us @curhatdecom

Friday, November 2, 2018

Review Nasi Uduk McD Rasa dan Harganya

Gambar : McD Indonesia

Gees tahu nasi Uduk kan? Apalagi yang tinggal di Jakarta pasti familiar dengan warung-warung nasi uduk sepanjang jalan menuju kantor hihihi. Yes, nasi uduk dan gorengan adalah menu sarapan palig simple buat orang Jekardah hehehe.

Nasi uduk merupakan salah satu nasi khas di Indonesia yang paling banyak disukai tak hanya oleh masyarakat Indonesia tapi juga oleh para turis manca-negara loh katanya. Nasi berwarna putih ini berasal dari nasi putih biasa yang dikukus dan diaron dengan santan kelapa yang diparut yang kemudian dibumbui pula dengan daun serai, jahe, kayumanis, pala dan merica. Kebayang dong rasanya bakal seperti apa? Gurih dan nikmat yes?

Ditambah lagi jika lauknya berupa tahu tempe bacem atau bahkan ayam krispi. Salah satu nasi uduk yang menawarkan rasa yang khas adalah nasi uduk McD. Pernah denger?

Nasi uduk McD ini hanya tersedia di Indonesia lho.Gue pertama kali coba waktu di Yogya. Tiba-tiba pengen nasi uduk, tapi kata mama mertua gak ada yang jual dekat rumah. Akhirnya delivery order Nasi Uduk di McD deh. Nah buat kalian yang suka plesiran ke luar negeri, jangan nyari nasi uduk di McD sana ya. Karena ini Cuma ada di Indonesia hihihi.

Tentang Nasi Uduk

Seperti kebanyakan masakan, resep nasi uduk sebenarnya cukup simple dan mudah dibuat. Waktu Di Banjarmasin gue juga beberapa kali bikin sendiri kalau lagi kepingin. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa makanan ini biasanya dihidangkan hangat-hangat ditambah dengan telur dadar atau telur goring. Untuk versi yang sangat tradisionalnya biasanya ada tambahan berupa emping, abon, kering tempe, bawang goreng, sambal kacang, timun, kemangi dan lain sebagainya.

Namun versi untuk yang lebih modern ini, resep nasi uduk dipadu-padankan dengan ayam kremes sebagai lauknya.Tak heran jika resto- resto bertaraf internasional khas Amerika sepertihalnya Mac Donald atau yang biasa disingkat McD juga menjual makanan yang serupa.

Seperti Apa Sih Nasi Uduk McD?

Dilihat dari rasanya mungkin akan sama dengan nasi uduk yang sering kita jumpai di warung- warung, namun ada yang sedikit berbeda dari nasi uduk McD. Menu tradisional nasi uduk ini dipadu- padankan dengan lauk ayam crispy khas McD. Kebayang dong rasanya seperti apa? 

Nasi uduk McD ini memiliki 3 paket makanan yang bisa kita pilih sesuka hati yakni paket special, komplit dan ala Carte yang berupa nasi uduk campur sambal terasi.

Lalu 1 menu terdiri dari apa saja? Yak, satu menu tersebut terdiri dari nasi uduk, ayam krispi, sambal terasi, bawang goreng, tahu goring dan minuman. Harganya bias dibilang standar untuk ukuran restoran yakni Rp 33.000,-saja. Tambahan nasinya akan dibebankan Rp 13.364 sebelum pajak sementara untuk sambalnya hanya sebesar Rp 4.545 belum + ppnnya.

Meski terbilang dikemas dengan cara yang menarik, gue termasuk yang kurang cocok dengan rasanya. Gurihnya santan kurang terasa, dan bagi sebagian orang yang suka pedes sambalnya katanya sih kurang pedes meski lumayan bikin seger. Kalau gue karena emang gak doyan pedes, sambel nya gak tersentuh kwkwkw.

Kata salah seorang staff McD juga bilang sih kalau sambal nasi uduk McD ini mengadaptasi menu ayam penyet pada menu sebelumnya sehingga dibuat dengan tidak terlalu pedas. Selain itu, ayamnya juga berlabel spicy namun rasanya justru tidak atau kurang pedas. So kembali ke selera lidah masing-masing hehehe

Nasi Uduk McD vs Nasi Uduk Tradisonal

Jika dibandingkan dengan nasi uduk McD, nasi uduk tradisional ternyata masih menjadi primadona.Soal rasa, nasi uduk tradisional lebih gurih dan legit sebab dibuat mengikuti kaidah turun- temurun yang berlaku di Indonesia, sehingga nasi uduk ala tradisional tak mungkin kehilangan rasa.

Memang cara membuat nasi uduk yang sederhana dan tempat yang kurang prestige membuat nasi uduk tradisional tidak semahal dan semewah nasi uduk restoran. Tapi soal rasa dan harga, nasi uduk tradisional juaranya. Cocok bagi mereka yang hendak mencicipi makanan khas Indonesia dengan rasa dan tradisi pembuatan yang turun-temurun.

No comments:

Post a Comment