Follow Us @curhatdecom

Follow by Email

Wednesday, September 19, 2018

Menjahit dan 6 Pekerjaan Rumah Tangga ini, Bisa Dijadikan Usaha Sampingan

Punya banyak waktu luang tapi bingung mau digunakan untuk apa? Tidak perlu pusing. Saat ini, banyak alternatif kegiatan bermanfaat yang bisa kamu pilih untukdijadikan sebagai opsi menambah pemasukan (uang). Ada banyak kegiatan menarik terutama yang berkaitan dengan rumah tangga yang bisa kita jadikan sebagai usaha sampingan. Karena sudah terbiasa melakukannya, beberapa di antara kita tentu saja tidak lagi harus mengambil kursus. Tapi jikalau pun terpaksa harus belajar, itu pasti tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama.
sumber : Bukalapak

Apa saja ide pekerjaan rumah tangga yang bisa dijadikan sebagai usaha sampingan? Menjahit Yang kamu butuhkan hanyalah keterampilan menjahit dan mesin jahit itu sendiri. Jika kamu enggan belajar atau kursus di luar, kamu bisa melihat video tutorial di YouTube atau melalui buku. Tapi, syaratnya kamu harus punya mesin jahit.

Setidaknya belilah satu mesin jahit yang mumpuni seperti mesin jahit Brother misalnya. Mesin jahit Brother merupakan mesin jahit recommended yang memang banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan konveksi karena kualitasnya yang terpercaya. 

Diantara beberapa kelebihan mesin jahit Brother adalah:

  • Memasang benang pada alur mesin dan memasukkan benang pada jarum sangat mudah dilakukan
  • Mesin penggulung sekocinya menyediakan pengaturan ketebalan maupun kerapihan golongan
  • Bisa dimanfaatkan untuk membuat lubang kancing
  • Memiliki pengaturan kerapatan jahitan yang presisi
  • Tapak mesinnya bisa di gonta-ganti sesuai kebutuhan
  • Menyediakan lampu built in yang sangat membantu ketika menjahit di malam hari


Laundry

Jika saat ini kamu punya mesin cuci tapi tidak punya modal untuk membeli mesin cuci baru yang akan digunakan untuk menerima jasa laundry, tidak apa apa jika mesin cuci tersebut kamu manfaatkan terlebih dahulu untuk mengumpulkan modal.

Tabunglah setiap uang yang kamu dapatkan untuk dijadikan modal membeli mesin cuci baru yang lebih baik atau lebih efisien, dan agar baju keluarga tidak tercampur dengan pakaian pelanggan. Gosok atau setrika Usaha sampingan untuk ibu rumah tangga yang satu ini biasanya bisa digabungkan dengan laundry. Namun jika kamu belum punya modal untuk membuka jasa cuci pakaian, kamu bisa memulai mencari modal dengan mengandalkan usaha gosok atau setrika terlebih dahulu. Setelah modal terkumpul kemana kamu bisa memanfaatkannya untuk membeli mesin cuci baru sehingga usaha pun akan berkembang.

Bisnis warung makan


Kalau kamu kebetulan punya rumah di pinggir jalan atau dekat dengan asrama (pemondokan), dekat dengan sekolah, atau tidak jauh dari pabrik/perusahaan, ide bisnis warung makan tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Karena bisnis yang satu ini sangat menjanjikan terutama apabila kamu bisa membuka warung di lokasi yang strategis.


Bisnis kue

nyicip waktu jadi asisten sementara Kang Roti kwkwkw

Kue dan roti semakin diminati oleh manusia milenial. Tidak hanya bisa dijual di toko konvensional, bisnis gue juga bisa dipromosikan kepada teman-teman atau sahabat melalui berbagai sosial media seperti Facebook, grup di WhatsApp, dan lain-lain.

Penitipan anak


Kalau kamu punya banyak tetangga yang harus pergi bekerja di pagi hari dan pulang di sore hari, serta kebetulan punya anak kecil, jangan ragu-ragu menawarkan diri untuk menjadi pengasuh anak mereka. Atau, buat saja plang penitipan anak di depan rumah agar tetangga tahu bahwa kamu menerima penitipan anak.

Les dan privat

Kalau kamu merasa memiliki kemampuan lebih dalam mengajar. Atau merasa sangat menguasai bidang tertentu seperti, bahasa Inggris, calistung (matematika), mengaji, dan lain sebagainya, jangan ragu-ragu membuka les dan privat di rumah. Tidak perlu jauh-jauh, promosikan saja ke tetangga atau ke teman-teman melalui sosial media.

No comments:

Post a Comment