Follow Us @curhatdecom

Follow by Email

Tuesday, September 25, 2018

Bundaro Ngedit Foto Pakai Apa?

Pagi ini Gazaro gak kayak biasanya bangun siang banget nih. Akhirnya gue iseng scroll kenangan FB, berhubung rumah masih rapi jali hari ini gak ada agenda beberes hihihi *Iya Gue mah Pemalas ape lo ape lo kwkwkw 



Nah karena scroll up kenangan di FB ini lah, gue jadi inget gue punya hutang. Yups gue punya hutang untuk menjawab pertanyaan "Bundaro Ngedit Foto Pakai Apa?" yang mana satu dua gue jawab lengkap. Sisanya gue jawab "Nantikan di blog ya". Dan sampai ada yang nuduh gue pelit ilmu karena gue jawab gitu. Sampe kesel banget gue karena emang gue capek jawabin satu-satu karena yang nanya Banyaaaaaak, gak cuma satu dua orang. Udah gitu ada ajah yang nanya teknis atau tutorialnya.

Gue kan punya bayi yak, itu bayi udeh bisa merengek kalau di cuekin. Eh tapi lebih sering gigit sih kalau emaknya sibuk sama hape (konon katanya karena selama hamil gue kebanyakan nonton Walking Dead kwkwkw). Selain itu, ya gak papa donk ya kalau akhirnya gue memutuskan ini menjadi kontent yang akan gue tulis. Dan karena pagi ini gue "nganggur" mari tunaikan janji, kita jawabin pertanyaan netijen soal aplikasi apa yang gue pakai.

Sebetulnya beberapa waktu lalu salah gue juga sih pamer foto editan dengan caption "Mantap juga nih ngedit foto beginian cuma pakai hape" kwkwkw. 

Gue termasuk orang yang suka ngedit foto/video. Gue biasanya pakai photoshop dan itu secara otodidak. Buka program trus utak atik sendiri tanpa panduan tutorial apapun. Jadi kalau ada yang tanya istilah-istilah dalam editing, please gue gak paham hahaha. Selain karena gue gaptek, istilah-istilah yang kebanyakan bahasa inggris itu membuat gue lemah. Yes, gue lemah dalam bahasa asing gess.

Nah untuk Edit foto di smartphone, gue gak cuma pakai satu aplikasi untuk hasil 'sempurna'. Setidaknya ada 3 aplikasi editing foto yang gue pakai.

Line Camera

Ini adalah aplikasi kesukaan gue dari dulu. Ini aplikasi pertama yang gue pakai buat edit-edit foto. Dulu gue suka bikin komik Umaro pakai Line Camera. Karena dia bisa mengkolase kan gambar, trus ada baloon text nya. Jadi suport banget buat bikin komik dari foto. 


Yang gue suka dari aplikasi ini, selain mudah menggunakannya, stiker dan font nya juga lucu-lucu. Trus kita bisa masukin foto lain ke dalam editan. Misal format gambarnya PNG dan dia adalah gambar yang latarnya kosong ketika di pindah tetap kosong. Biasanya kalau ngedit kalau kosong latarnya kan jadi kotak-kotak gitu, nah ini gak. Jadinya asyik juga kadang gue pakai buat bikin baner digital buat promosiin dongeng gue dll. 


Baca Juga : Bundaro Open Mic Lagi: Dongeng Perdana, Riau I'm Coming

Belakangan aplikasi ini gue pakai buat nambahin background putih untuk foto-foto yang di pasang di intagram. Lagi usaha merapihkan feed. Meski belum nemu klik pastinya hahaha.


Snapseed

Aplikasi yang satu ini juga canggih menurut gue. Biasanya gue pakai aplikasi ini untuk membuat efek blur pada foto dan ngasih watermark foto. Sama seperti kebanyakan aplikasi foto, snapseed juga punya filter-filter kece. Yang gue suka dari filter di snapseed ini adalah black and white nya. Pilihannya banyak dan cakep-cakep.

Gue termasuk penyuka foto hitam-putih sih. Makanya seneng karena snapseed punya banyak pilihan filter hitam putih yang bahkan kecerahannya masih bisa disesuaikan. Salah satu kelebihan snapseed versi gue adalah untuk text-nya sudah punya beberapa desain. Jadi bisa buat bikin foto judul tulisan di blog. Jenis font nya juga menurut versi gue ini terkesan elegan.

Vitur yang sering gue pakai di snapseed blur, text-nya, Filter vintage, filter hitam putih.

Oh iya satu lagi uniknya aplikasi ini adanya fitur face. Dengan fitur ini kita bisa bikin objek wajah dalam foto di geser gitu. jadi kesannya agak nengok ke kiri atau ke kanan kwkwkw.


Eraser

Berbeda dengan aplikasi yang lain, eraser ini fungsinya cuma satu. Sesuai namanya "eraser" artinya menghapus. Gees ini bukan buat hapus masa lalu kamu sama mantan ya. Eh tapi bisa buat hapus muka mantan sih di foto bersama kamu kwkwkw...

Nah dulu buat mengapus latar belakang foto gue biasanya buka photoshop. Sekarang pakai eraser ini sangat membantu gue banget. Dan enaknya lagi, selain manual ada juga yang auto. Jadi bisa lebih cepat. Yang manual buat bersihin sisanya ajah. 

Cuma memang kelemahannya adalah, JEMPOL GUE TERLALU GEDE kwwkwkwkw. Mungkin perlu pakai pen khusus kali ya biar enak. Eh atau kalau perlu beli tab sekalin. Eh terus... terus... kwkwkw jadi ngayal kejauhan kwkwkw.

Gue akui keberadaan aplikasi-aplikasi ini sangat membantu gue. Terutama untuk profesi gue sebagai blogger dan pendongeng. Untuk edit-edit foto yang akan di posting dan juga untuk bikin banner digital buat promosiin dongeng gue.

Hobi edit-edit gue emang sudah ada sejak jaman SMK dulu. Sampai pada ngira gue ini aslina jurusan Multimedia, bukannya akuntansi. Karena gue lebih familiar dengan photoshop ketimbang neraca dan buku besar. Wong sampai lulus ajah gue gak ngerti mana yang di debet mana yang di kredit kwkwkw



1 comment:

  1. Tengs, pit
    Dr ketiga yg disebut aq pake yg kedua sih baru

    ReplyDelete