Follow Us @curhatdecom

Follow by Email

Thursday, April 26, 2018

Mudik Lebaran Ke Jogja Terwujud dengan JD Flight


Beberapa waktu lalu gue nyari buah untuk MPASI Gazaro. Eh ternyata di penjual buah itu sudah ada si kuning Timun Suri. Tahu donk, itu loh buah yang biasanya cuma bisa kita temui di bulan suci Ramadhan. Fix, aroma ramadhan sudah ada di depan mata. Semoga gue masih ada waktu untuk sampai di ramadhan tahun ini dan tahun-tahun seterusnya. 



Nah buat gue yang tiga tahun belakangan ini jadi perantau, momen ramadhan adalah momen yang ditunggu-tunggu. Karena itu saatnya berkumpul bersama keluarga besar. Yah, sebetulnya sih gue tergolong sering kok bolak balik pulang ke Jakarta. Tapi momen lebaran pasti tetap terasa berbeda.

Tapi bagi keluarga kecil gue, pulang kampung apalagi saat menjelang lebaran bukanlah hal yang mudah dan murah. Pertama, ada dua propinsi yang harus kami datangi. Gue yang keluarga besar di Jakarta, dan Abang yang keluarga besarnya di Jogja. Apalagi menjelang lebaran harga tiket gak masuk akal, hiks. Plus, mengatur keberangkatan agar pas dengan waktu cuti bersama. 

Beberapa teman kantor abang yang memang juga banyak perantau, mereka mensiasati mudik lebaran dengan membeli tiket setahun sebelumnya. Katanya sih biar lebih murah. Tapi resiko nya besar. Misal tanggal lebaran bergeser, tanggal cuti bersama otomatis bergeser juga. Ambil cuti tahunan belum tentu di acc. Dan resiko lainnya. 

Pernah sih gue ngeluh soal mahalnya harga tiket, terutama kalau ke Jogja sekarang harga tiket Banjarmasin-Yogyakarta gak ada yang di bawah 1 juta. Udah gitu cuma ada satu penerbangan. Tapi kata Abang, "Itulah kenapa ada uang THR. Itu memang digunakan buat kebutuhan seperti ini. Membeli tiket dsb." Iya sih, tapi... Pasrah deh demi kumpul sama keluarga.

Skenario Mudik Plan A
Awalnya agar mensiasati harga tiket yang semakin mahal menjelang hari-H, kami putuskan gue dan Gazaro akan mudik duluan agar tiketnya masih agak terjangkau. Seminggu sebelum hari H lebaran. Barulah abang menyusul kemudian, dengan plan naik pesawat via kota lain (karena tiket langsung ke Jogja mendekati lebaran sudah habis, kalau transit lebih mahal). Oh iya, kami tahun ini mudik ke Jogja dulu baru kemudian mudik ke Jakarta naik kereta. Tiket kereta udah aman dari jauh-jauh hari insya Allah.

Sempat laporan sama Emak di Jakarta, "hallo Mak, lebaran kami ke jogja dulu ya. Trus baru ke Jakarta. Tapi Abang nanti balik duluan ke Banjarmasin." Dan tau emak bilang apa?

Mau-maunya lu mudik sendirian. Emang kagak repot apa mudik berdua doank sama bayi?
Yah kan mau gimana lagi. Demi pengelolaan uang THR yang lebih sehat. Eh tapi hari gini mah THR belum keluar kwkwkw. Tapi gak papa, gue udah beberapa kali mudik ke Jakarta berdua Bayi doank kok. Jadi insyaallah sudah bukan masalah.

Skenario Mudik Plan B : Beli Tiket di JD Flight
Nah tahun ini ada kabar gembira. Oke bukan karena ekstrak kulit buah ya hehehe. Tapi karena ada edaran yang menyatakan kalau cuti bersama kini waktunya lebih panjang.

Paket lengkap dalam satu aplikasi, Yes!

 Gue langsung buru-buru bilang ke abang untuk segera cari tiket biar bisa berangkat di tanggal yang sama. Tapi ternyata tiket sudah habis. Tersisa tiket transit dan harganya di atas 2jt semua #GarukTembok

Beberapa waktu ini gue lagi teracuni sama temen-temen di grup Blogger yang suka kasih info Flash Sale di Jd.id. Akhirnya gue iseng download aplikasinya dengan merelakan beberapa aplikasi belanja online (soalnya memori full).

Tapi emang dasar emak-emak yang gue lirik itu kebutuhan rumah tangga ajah kwkwkw. Order pertama gue adalah Breastpad, tisu basah, sabun bayi, dan selai cokelat. Gue jarang scroll up ke bagian lain karena kadang pas lagi lihat-lihat Gazaro cari perhatian kwkwkw. Gue bahagia karena bisa bayar di tempat, udah gitu packingnya jadi satu dengan kardus official dari Jd.id. Sama satu lagi, ada struk pembelian, berasa jajan di supermarket masa. Yang paling penting itu Free ongkir.

Dan gue baru tahu masa, kalau ternyata di Jd.id bisa beli tiket juga #sumpahTelat. Gue tahu karena ada lombanya. Ini bagai pepatah pucuk di cinta ulam pun tiba kwkwkw. Pas lagi cari info lomba ngeblog, pas dapat info cara cari tiket pesawat murah via JD Flight.

Tampilan JD Flight
Setelah gue kulik-kulik cari tiket untuk ayahro, oke ternyata tiket langsung ke Jogja di tanggal yang sama dengan keberangkatan gue udah habis guys. Yah maklum sih, soalnya memang BDJ-JOG cuma ada satu penerbangan setiap harinya.

Pasrah, sekarang yang penting dapat tiket murah deh di tanggal yang sama. Setidaknya ke Bandara bisa bareng. Dan kabar baiknya, tiket transit yang ditawarkan di JD Flight asli lebih murah dari lapak sebelah. Mayan, bisa saving money sampai sejuta loh. Kan lumayan buat jelong-jelong selama mudik hehehe. Apalagi punya banyak keponakan, lebaran you know lah kwkwkw.

Oh iya, beli tiket di JD Flight ini mudah banget loh. Ada juga berbagai pilihan cara bayar yang bisa disesuaikan dengan kondisi kita.

Jogja Selalu Jadi Liburan Impian Gue
Bagi gue, Jogja punya semacam magnet tersendiri. Selain kerena memang mertua yang sekarang tinggal disana, liburan ke Jogja tuh bagai aksi 'balas dendam' buat gue. Karena dulu waktu SMP gue batal ikut perpisahan ke Jogja karena kenakalan yang bikin geger (yah gak usah diceritakan lah ya, itu masa lalu hehehe)



Jadi setiap ke Jogja gue kayak merasa kepuasan tersendiri. Paling suami ajah sih yang geleng-geleng karena di geret ke sana kemari sama isterinya kwkwkw. Tapi beneran deh, apalagi Jogja selalu punya destinasi baru yang seru dan pastinya instagrameble. 

Yang gue suka dari Jogja selain destinasinya, adalah budaya dan kulinernya. Gue beberapa kali di tegur abang karena terkesan kasar (intonasi suara). Katanya orang Jogja itu halus-halus. Yaaaah mau gimana lagi, meski berdarah jawa gue lebih kental dengan style betawi malah batak. Kalau bicara ceplas ceplos dan punya suara toa yang udah bawaan orok.


Ada JD Hotel juga, jadi satu aplikasi untuk semua keperluan liburan

Selain destinasi wisatanya, hal yang mau gue coba di jogja adalah menginap di hotelnya. Banyak yang suka tanya ke gue "pit riview hotel di Jogja ada gak?"

Dan selalu gue jawab "Gue kalau di Jogja selalu stay di PIM, a.k.a. Pondok Indah Mertua" kwkwkw. Tapi boleh juga sih sesekali ya gue ajak Abang nginep di hotel yang ada disana. Selain JD Flight di JD.id ada juga loh JD Hotelnya. Jadi setelah beli tiket, bisa booking hotel sekalian. Lengkap...
Ada beberapa filter yang bisa dipakai untuk menyesuaikan budget dan kebutuhan kita

Aaah... gak sabar pengen Mudik Liburan. Yups bagi gue mudik bukan sekedar moment untuk bertemu keluarga, tapi juga sekalian liburan biar otak gak hang kwkwkw...

Kamu mau liburan kemana?



Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Indonesia Corners dan JD.ID. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman dan opini pribadi.

2 comments:

  1. banjarmasin jogja mahal amat pitt
    aku dulu balikpapan jogjes masih ada yg di bawah 1 jetii

    ReplyDelete
  2. Eh, di JD.ID bisa pesan pesawat juga ya? baru tahu kirain selama ini cuman beli barang barang saja. Cobain ahhh siapa tahu dapat tiket murah.

    ReplyDelete