Follow Us @curhatdecom

Follow by Email

Tuesday, April 10, 2018

7 Destinasi Wisata Dalam Sekali Dayung Di Banjarmasin


Duluuuuuu banget eh maksudnya kira-kira tahun 2014 saat gue di ajak ta'aruf sama si Abang dan udah di sounding bakal merantau ke Banjarmasin kalau jadi isterinya, hal pertama yang gue cari tahu tentang Banjarmasin adalah "Wisatanya" kwkwkw

Gue sampai tanya teman yang hobi traveling dan pernah sampai ke Banjarmasin. Kata dia Kalimantan Selatan punya banyak destinasi wisata kok. Kalau agak ke pedalaman banyak destinasi wisata alam. Ada Pulau Sambar Gelap dan pantai di Kota Baru, ada Loksado di Tanjung. 

Beberapa waktu lalu juga saudara sepupu Abang datang satu rombongan dengan kantornya. Gue kira mereka ada kunjungan kerja sekalian jalan-jalan. Eh tapi ternyata mereka datang ke Kalimantan Selatan khusus untuk berlibur loh. Saat gue tanya "Why Banjarmasin? Umumnya orang pilih ke Bali atau kemana gitu."

Katanya Banjarmasin kan terkenal dengan Pasar Terapungnya dan Intannya. Oke untuk intan tempatnya di Martapura. Tapi pasar Terapung benar adanya, bahkan orang sangat ingat dengan iklan "RCTI Oke". Untuk Kota Banjarmasin sendiri, destinasi wisata yang di tawarkan adalah wisata kearifan lokal. Salah satunya pasar Terapung.

Keluarga Cemara hihihi

Nah kalau kamu mau berkunjung ke Banjarmasin dengan waktu yang terbatas. Ini destinasi yang bisa kamu kunjungi dalam "sekali dayung".


Pasar Terapung

Memberikan pengalaman baru buat krucil's

Dahulu Banjarmasin terkenal dengan sebutan kota seribu sungai. Karena memang pada dasarnya disini banyak sungai. Kata Paman yang menjual tiket klotok (perahu), bahkan dahulu saat kecil beliau membeli seragam sekolah di atas perahu di tengah sungai. Yaitulah pasar terapung.

Semakin berkembangnya jaman, satu dua masih bertahan dengan kebiasaan itu. Tapi sekarang keberadaan pasar terapung ini sekedar jadi destinasi wisata. Pasar Terapung yang terkenal di Banjarmasin ada 2, yaitu di Kuin dan Lok Baintan. Saat ini yang di daerah Kuin sudah sepi dari pedagang. Mereka sudah "merelokasi diri" ke pasar terapung di siring sungai martapura. Kalau datang di sabtu dan minggu, kawasan siring ini ramai.
Dermaga klotok di Siring Sungai Martapura

Tapi kalau mau merasakan sensasi berbelanja langsung dari atas kapal, pilihlah Lok Baintan. Pedagangnya masih ramai. Tapi memang lokasinya lebih jauh. Keuntungannya kalau pasar terapung yang di Kuin, kamu bisa singgah ke pulau kembang dan singgah makan soto Banjar Bang Amat yang terkenal karena masih satu jalur. 

Naik Klotok untuk ke pasar apung bisa dari beberapa dermaga. Salah satunya yang berada di siring sungai Martapura. Satu perahu bisa untuk 10-15 orang dengan harga Rp 300.000,-

Pulau Kembang

Sebetulnya dalamnya spot foto menarik kalau gak di ganggu monyet-monyet kwkwkw

Gue belum menemukan alasan kenapa pulau ini dinamakan pulau kembang, bukan pulau monyet hehehe. Karena pulau ini isinya monyet dan gue hampir tidak menemukan kembang hihihi.

A post shared by curhatde.com (@curhatdecom) on
Buat kamu yang gak suka monyet, kera dan sejenisnya mungkin agenda singgah ke pulau ini setelah dari pasar terapung bisa di skip. Monyet di pulau ini banyak banget. Plis jangan tanya jumlahnya karena gue gak ngitung. Gue sibuk menjaga kacamata, tas, kantong bawaan, topi, kaos kaki Gazaro dll kwkwkw.

Tenang, setiap rombongan biasanya akan di kawal oleh satu pawang. Pawang ini akan menjelaskan apa yang boleh dan tidak, mana genk monyet yang perlu di waspadai dsb. Dan karena isinya banyak monyet, pulau ini sudah dipastikan B.A.U. hihihihi

Konon katanya di pulau ini ada tinggal bekantan juga. Tapi bekantan ini pemalu. Jadi biasanya dia berada di tengah hutan, dan menjauhi manusia.

Menara Pandang

Menara Pandang

Setelah mengunjungi Pasar Terapung, turun dari klotok saatnya menikmati panorama kota Banjarmasin dari Menara Pandangang. Gedung yang terdiri dari 4 lantai ini terbuka untuk umum. Lokasinya masih di seputaran Siring Sungai Martapura. 

Kita hanya perlu berjalan sedikit dari dermaga. Waktu paling enak untuk naik ke atas menara adalah pagi dan sore hari. 

Dulunya atap Menara Pandang ini ada payung raksasa yang seperti ada di Mekah itu loh. Tapi tahun 2016 (kalau tidak salah) ada angin besar sehingga payung-payungnya rusak. Meski tanpa payung itu, Menara Pandang tetap menarik untuk di kunjungi. 

Tidak jauh dari Menara pandang ada Rumah Anno. Gue udah pernah nulis tentang Rumah Anno ini. Bisa baca lengkapnya di sini

Siring Sungai Martapura

spot yang asyik buat joging, eh bukan gue yang joging. Gue ngeliatin orang joging doang kwkwkw

Kalau datang ke Banjarmasin di hari minggu, kawasan Siring Sungai Martapura adalah kawasan Car Free Day. Rutenya memutari Masjid Raya Sabilal Muhtadin. Siring Sungai Martapura ini merupakan salah satu objek vital masyarakat Banjarmasin.

Sesekali komunitas (atau sekelompok orang kaya yang punya modal dengan hobi mahal hihihi) suka berada di sugai untuk olahraga air seperti jet ski dan flying Board. Olahraga air yang biasa ada di laut muncul di sungai. Ini tentu saja jadi jadi tontonan menarik hehehe

Berfoto Di Patung Bekantan

Ehm.. Kok gedenya sama ya gue sama si monyet kwkwkw

Dulu gue tahunya Bekantan adalah maskot dari Dufan. Tapi setelah merantau, gue baru tahu kalau Bekantan adalah maskot dari Kalimantan Selatan. Karena di sinilah habitat asli Monyet Bekantan. 

Kira-kira tahun 2015 Maskot ini dibuat. Konon katanya dibuat oleh pengrajin perak asal Jogja dan menghabiskan dana sekitar 1M. Patung ini sebetulnya bisa 'memuntahkan' air loh dari mulutnya. Tapi tidak setiap saat di aktifkan. Mungkin agar hemat energi hehehe.

Waktu patung ini selesai dibuat gue lagi hamil Umaro. Waktu itu Emak datang dari jakarta. Gue ajak berfoto tapi Emak gak mau. Katanya gue lagi hamil gak boleh aneh-aneh kwkwkwkw. Akhirnya baru kesampaian di tahun 2018 ini hahaha #telatPakeBanget

Berfoto di 0 km

Akhirnya punya foto cakepnya kwkwkwkw

Jangan lupa juga menyempatkan diri berfoto di 0 km Banjarmasin. Kalau malam suasana di sekitaran kawasan ini meriah dengan lampu-lampu loh. Bahkan ada juga "Becak Wisata". Itu loh kerangka mobil yang dijalankan dengan di kayuh ramai-ramai hehehe. Dan yang pasti kalau ada di Kalimantan Selatan jangan lupa buat jajan pentol yang ada di pinggiran jalan hehehe

Klenteng Soetji Nurani

Pas imlek disini tambah menarik hehe

Yang satu ini adalah tempat peribadatan. Gue pribadi belum pernah masuk, karena memang belum ada ketertarikan untuk masuk. Cukup puas hanya melihat lampion-lampionnya, apalagi kalau malam. Saat perayaan Imlek Klenteng ini sangat ramai. Karena memang dekat dengan kawasan pecinan kota Banjarmasin. 

Inilah destinasi wisata yang komplit banget dalam satu dayung. Cocok buat yang mau liburan singkat tapi semua terjangkau saat ke Banjarmasin. Gue sarankan untuk menginap di hotel dekat Siring. Apalagi kalau mau ke pasar apung, jam 6 pagi itu udah paling telat untuk naik klotok. Karena biasanya jam 07.30-08.00 pasar apung sudah bubar.

Ada dua hotel yang oke banget buat nginep disana. Gue pernah di ajak abang stay vacation di salah satunya. Yaitu Hotel Airy Sungai Martapura Veteran 3 Banjarmasin. Riview lengkapnya bisa lihat di sini. Hotel terdekat lainnya adalah Hotel Airy Taman Maskot Bekantan Pierre Tendean 22 Banjarmasin.
Kapan Bang aye di ajak liburan lagiiii kwkwkw

Untuk mempermudah booking kamar, kamu bisa download aplikasinya. Mudah dan praktis. Di Banjarmasin hotel airy sudah banyak kok. Tinggal pilih ajah, misal mau pindah lokasi menginap pun tinggal buka aplikasi, #KapanAjaBisa.

Yuk cuss...segera agendakan liburan seru kamu ke Banjarmasin. Butuh guide? Gue bisa kok jadi guide, asalkan jangan kaget liat guide dengan nafsu makan yang luar biasa kwkwkw.

8 comments:

  1. Foto yang di bekantannya cakep ih. Aku sampai sekarang belum kesampaian foto di situ. Heu

    ReplyDelete
  2. Ciuss itu patung bekantan habisnya 1M?? T.T Btw, pertanyaan sejuta umat tuh mba "kenapa namanya Pulau Kembang dan bukan Pulau Monyet?" :D

    ReplyDelete
  3. Seingatku loksado di kandangan deh mba pita. Bukan di tanjung. Hehehe. Tar lebaran aku mau telusuri itu wisata2 yg di tulis mba pita. Dah lama ga kesana

    ReplyDelete
  4. Pasar terapung tempat favorite sekali,menara pandang tempat yang paling serung dikunjungi tiap ke banjarmasin hehe

    ReplyDelete
  5. Lokasinya deket2 semua yaa .. Tp klo mau ke wisata yg lebih bagusann ckup jauhh sperti plehari dll hehe

    ReplyDelete
  6. Mantap deh mbak pita udah foto sama patung bekantan. Saya aja yg asli orang banjar belum pernah foto disitu. Bagus fotonya soalnya pas nggak banyak orang.

    ReplyDelete
  7. mantap banget, ini toh ternyata acara jalan-jalan bareng gazaro kemarin. Bisa mengabadikan foto tanpa ada orang karena cuaca super panas banget. :D

    ReplyDelete
  8. Terus terang sy lama bgt tinggal dbjm dr kuliah tp g pernah ke pulau monyet eh maksudnya pulau kembang. Wkwk. Tau lah kenapa? Takut krn konon monyet disana bs nyolong barang orang sampai naik pohon. Ah, kebayang konyolnya kalau sy begitu. Wkkwkwk

    ReplyDelete