Follow Us @curhatdecom

Follow by Email

Friday, March 16, 2018

Uri-Cran Solusi Untuk Anyang-Anyangan

"Maaaaa.... Ulun handak bekamih" teriak salah seorang anak selepas gue mengisi dongeng. Sebagai perantau dari Jakarta ke Banjarmasin, bisa di bilang gue masih suka roaming dengan bahasa disini. Oke Ulun artinya saya, gue udah hapal ini. Handak artinya hendak atau mau. Nah Bekamih ini apa???



Setelah tanya sama guru yang ada, bekamih artinya buang air kecil alias pipis. Sampai rumah gue diskusi sama suami, 'kok pipis jadi Bekamih? Jauh banget.' Ternyata penjelasan suami mengarahkan kepada kesimpulan "Gue kemana ajah pas pelajaran biologi" kwkwkw


Oke, ternyata kamih yang di maksud adalah kemih. Urusan buang air kecil memang ada hubungannya dengan kemih. Jadi bekamih jelas ada hubungannya dengan pipis. Menurut wikipedia (gila anak milenial banget gue nyari taunya dikit-dikit lewat internet kwkwkw) Kandung kemih, dalam anatomi mamalia, adalah organ tubuh yang mengumpulkan air kencing yang dikeluarkan oleh ginjal sebelum dibuang. Air kencing memasuki kandung kemih lewat ureter dan keluar lewat uretra.


Nah kandung kemih ini juga sering gue denger disebut-sebut saat melahirkan. Karena harus berdebat panjang lebar sama suster yang mau pasang kateter dan gue gak mau. "Kalau kantong kemihnya penuh bayinya gak mau turun bu".


Ternyata urusan si kemih ini gak cukup saat hamil, tapi melahirkan pun punya drama berbeda.



Anyang-Anyangan Saat Hamil

Pernah dengar istilah anyang-ayangan? Kalau Ayang-ayangan mah tau ya hehehe. Nah Anyang-anyangan ini kondisi di mana seseorang bolak-balik kamar mandi karena ada HIP (Hasrat Ingin Pipis). 

Anyang-anyangan biasanya disebabkan oleh bakteri. Tapi saat hamil, anyang-anyangan ini bisa di sebabkan karena janin yang semakin membesar dan menekan kandung kemih. Duh inget banget waktu hamil besar Umaro dulu, sampai menghabiskan uang 5.000 cuma gara-gara bolak balik ke toilet saat di mal. 


Di mall yang merupakan satu-satunya mall di Banjarmasin hingga saat ini untuk masuk toilet harus bayar 1000. Dan lima kali bolak balik cuma untuk pipis sedikit. Iya sedikit banget malah. Sampe akhirnya kapok gak mau ke mall sementara. 



Mulailah gue tanya-tanya ke teman-teman gimana ya mengatasi anyang-anyangan saat hamil. Yang bilang "nikmati ajah, itu proses" gu lempar pake bakpao kwkwkw (hamil Umaro banyak ngidam bakpao sih hihi). Tapi ada juga yang bilang minum obat. Ih kan gak boleh sembarangan cyiiin. Akhirnya gue coba Uri-cran hasil googling. Ternyata banyak blogger yang udah kasih ulasan Cyiiin...

Uri-Cran


Apasih Uri-Cran? Obat?

Komposisi: 375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vit C, 0.1 mg Lactobacillus Achidopillus, 0.1 mg Bifidobacterium bifidum. Sediaan: Powder Sachet Dosis: 1-2 Sachet / Hari Isi per Box: 15 Sachet / Box

Awalnya gue kira Uri-Cran ini semacam obat. Ternyata ini suplemen makanan, jadi insya Allah aman di konsumsi ibu hamil maupun menyusui. Bahan dasarnya adalah ekstrak buah cranberry yang sejak Desember 2004 sudah di akui oleh Badan Otoritas Keamanan Makanan Perancis, AFSSA Membantu mengurangi perlekatan bakteri E.coli pada dinding saluran kemih.

Yups bakteri E.coli ini berbahaya banget ya. Tau donk kasus beberapa waktu lalu ini kalau melon dari australia mengandung e.coli dan sudah menyebabkan 4 warga negaranya meninggal. 

Uri-Cran ada yang bentuknya kapsul, ada juga yang bentuknya serbuk. Oke kalau buat gue yang gak suka nelen obat maka pilih yang serbuk lah ya. Di jadikan minuman, sruput segeeer hahaha.

Iya rasanya enak ternyata. Meski gue belum pernah nyoba buah cranberry setidaknya gue pernah nyoba lewat uri-cran ini hehehe. Kalau Strawberry sih sering ya. 

Gak hamil boleh minum Uri-Cran? Boleh dooonk. Karena kan resiko Infeksi Saluran Kemih bukan hanya dialami oleh ibu hamil. Bahkan perempuan aktif dan anak-anak juga bisa kena loh.

Kalau ada tanda-tanda seperti : Sakit saat buang air kecil, anyang-anyangan, atau malah susah buang air kecil, air seni berwarna pekat sudah harus waspada tuh. 

Bisa langsung coba Uri-Cran 

4 comments:

  1. Siapapun bisa terkena anyang-anyangan. Untung sekarang udah ada Prive Uri-cran :)

    ReplyDelete
  2. Halo Mbak, salam kenla. Kalau anyang-anyang itus ebuah proses kehamilan, saya milih nggak melalui proses itu aja ah, Sakit bo', wkwkwkwkw. Untungnya ada Prive uricran.

    ReplyDelete
  3. Aku pribadi Kadang agak sebel kalo harus bayar toilet hehehe. Its okay kalau toiletnya bersih.

    Btw semenjak ada uricran, nggak takut lagi sama anyang anyangan. Rutin konsumsi uricran jadi jalan terbaik bagi yang punya anyang - anyangan.

    ReplyDelete
  4. Resiko Ayang-ayangan pada wanita ternyata lebih besar ya, pantes banget ini uri cran jadi andalan

    ReplyDelete