Follow Us @curhatdecom

Follow by Email

Thursday, January 18, 2018

Tetap Terkoneksi Dengan Internet Selama Di Luar Negeri

“Kamu gak mau umroh?” Tanya Mama Mertua saat di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

@Changi Airport

Akhir tahun kemarin gue yang kebetulan masih stay di Jakarta beberapa hari lalu ikut mengantar bapak mertua dan keponakan yang akan berangkat Umroh. Sampai di Terminal 3 gue sempet ngobrol sama mama mertua. Mama tanya apakah gue berminat berangkat umroh? Lah di tanya begitu ya jawabannya minat lah hehehe.

Tapi kan yang wajib itu haji. Jadi bagi gue kalau mau umroh yang harus haji dulu. Kecuali, ada yang bayarin umroh. Siapa yang nolak? Ya gak? Hehehe
Semula Voucher umrohnya memang diperuntukkan untuk bapak dan mama. Tapi kata mama, kan sudah pernah umroh kalau umroh lagi maunya sama-sama sekeluarga besar. Jadi vouchernya di limpahkan ke cucu paling besar. Yang kalau kata Bapak akan jadi Komandan Para Cucu hihihi...

Kalau di pikir-pikir asyik juga kali ya bisa ke tanah suci. Niatan tersebut sudah ada sejak tahun pertama menikah. Gue masih inget waktu itu gue dan suami sepakat untuk menyisihkan sejumlah uang dengan nominal stabil untuk bisa berangkat haji. Setelah 2,5 tahun menabung ternyata ada kewajiban yang harus lebih dulu kami tunaikan. Yaitu HUTANG!

Mengantar Eyang :)

Ya HUTANG harus dilunasi dulu, jangan sampai mati membawa hutang. Atau malah memaksakan berangkat haji dengan berhutang (*kalau ada yang merasa gue hutangin dan belum bayar hubungin gue segera ya). 2,5 tahun menabung sebetulnya kami sudah bisa menabung untuk 1 orang. Tapi gue dan suami memilih menyicil pelunasan rumah KPR dulu.

Di bandara gue sempat bertanya sama Bapak mau di bawain tongsis gak buat foto-foto kwkwkw. Tapi jelas di tolak, katanya mau ibadah atau mau foto-foto hahaha. Iya sih, lagian di arab katanya sudah ada peraturan di larang selpih-selpih.

Pertanyaan gue yang lain ke bapak adalah gimana dengan koneksi telpon selularnya? Apakah providernya sudah di daftarkan? Jadi bisa tetap mengubungi keluarga.

Katanya sih sudah semua. Malah keponakan sudah isi paket full kuota untuk tetap terkoneksi selama di Tanah Suci. Tapi tadaaaaaa... ternyata Zonk. Sampai sana providernya eror. Saat melakukan konfirmasi katanya akan segera di perbaiki dalam beberapa hari. Lah keburu pulang kaaaan...


Seberapa Penting Koneksi Internet Selama Umroh/Haji?

Kalau buat gue yang hari-hari dan kerjaannya ada hubungannya dengan internet terus, pastinya internet itu PENTING! Apalagi liburan, supaya bisa eksis kwkwkw. Eh tapi kalau lagi ibadah ke tanah suci, sebaiknya di hindari sih terlalu “eksis”. Khawatir mengarah ke riya, atau malah sibuk sosmed-an bukannya ibadah.
Cita-cita tertinggi... (sumber: pixbay)

Abang juga pernah bilang sih, ‘abang pengen kalau ke tanah suci nanti kita bener-bener bisa fokus ibadah. Trus gak perlu juga tuh foto-foto di tanah suci di upload ke sosial media. Ehm... Anu... tergantung kebutuhan ya Bang kwkwkwkw...

Zaman now provider-provider Indonesia sudah punya semacam “jaringan” sendiri di luar negeri. Jadi gak perlu lagi repot-repot ganti kartu saat kita melakukan perjalanan ke luar negeri. Tapi jelas harganya beda ya sama tarif lokal kwkwkwkw.

Eh tapi katanya sih selain ngurus pengaktifan provider untuk di gunakan di luar negeri, zaman now rasanya sudah ada semacam Rental Wifi keluar negeri.

Gimana Cara Terkoneksi Dengan Internet Selama di Luar Negeri?

Waktu gue ke Singapore  bisa dibilang gue puasa sosial media kwkwkw. Eh tapi itu juga udah lama sih tahun 2014. Smartphone gue juga masih yang biasa ajah. Sosial media juga baru facebook yang eksis buat gue. Tapi beberapa teman ternyata tetap eksis dengan cara membeli nomor lokal begitu sampai di apartemen. Oh iya waktu itu gue tinggal di apartement yang bawahnya mall. Jadi begitu sampai beberapa teman langsung belanja.

Ini bukan foto Sosialita habis belanja, tapi ini foto bawang merah yang bawain belanjaan bawang putih kwkwkw
Nah kalau cara gue sih waktu itu memanfaatkan wifi lokal (traveler medit kwkwkw).  Tapi geser dikit lokasinya wifi ilang dan butuh penyesuaian. Dan gue karena gak mau ribet udah lah ya. Nah ternyata ini juga yang di lakukan sama Bapak Mertua saat umroh kemarin. Memanfaatkan wifi hotel. Jadi baru update kabar ke keluarga setiap kembali ke hotel.

Yang terbaru saat ini agar bisa terkoneksi dengan internet saat berada di luar negeri adalah dengan sewa modem wifi. Ini baru tahu sih, dan mungkin belum lama ada. Kalau sewa modem wifi ke luar negeri mungkin bisa patungan sama temen. Jadinya biar lebih murah (kwkwkw bener-bener otak ekonomis). Tapi kapan ya... bisa jelong-jelong ke luar negeri lagi. Eh tapi negara yang mau gue kunjungi dengan biaya sendiri ya Arab Saudi. Itupun untuk haji.

Dulu ke Singapore ajah karena di bayarin kantor kwkwkw. Kalau haji sudah, baru deh gue mau ke negara lainnya pakai uang sendiri. Bukan pelit, tapi gue malu sama Allah. Kalau ke negara orang buat jalan-jalan bisa, masa keinginan ibadah ke tanah suci harus kalah sama keinginan traveling.


1 comment:

  1. Pita, jleb banget kalimat terakhirnya. Pengen banget nih Naik Haji, semoga bisa juga aku sekeluarga ya, aamiin

    ReplyDelete