Follow Us @curhatdecom

Follow by Email

Sunday, December 10, 2017

60 Tahun Astra Internasional : Menginspirasi Itu Bukan Soal Usia


Sumber : Satu Indonesia

Setuju gak kalau ada perumpamaan “Setiap orang akan mengambil porsinya masing-masing”. Maksudnya setiaporang tentu punya sudut pandang dan cara pemikiran yang berbeda satu sama lain, dan pemikiran itulah yang kemudian mempengaruhi aksi mereka.

Misalnya gini, ada orang yang mengeluhkan kondisi bumi yang semakin panas. Tapi alih-alih membuat perubahan perilakunya sendiri sebetulnya banyak yang menjadi pemicu kerusakan bumi itu sendiri. Tapi kalau di ‘tegur’ bilangnya ah sok idealis pake go green segala. Grrrrr model-model kayak gini pengen gue krukupin karung mukanya.

Gue jadi kangeng sama sabahat-sahabat cilik gue yang jadi duta sahabat lingkungan hidup di sekolahnya. Tugas gue kala itu mendampingi 5 anak hebat di sekolahnya untuk menjadi penggerak go green. Lewat mereka semangat menjaga bumi ini ditularkan kepada teman-temannya di sekolah.

Yups, kalau orang dewasa ketika di kasih tahu banyak ngelesnya, tapi kenceng ngeluhnya. Paling enak menanamkan kesadaran untuk berperilaku ramah lingkungan kepada anak-anak. Meski anak-anak jaman now kadang suka kritis banget, tapi sebetulnya itu potensi yang sangat besar untuk memperlambat kerusakan bumi.

Ternyata hal ini juga yang di lirik oleh astra Internasional. Ternyata PT Astra Internasional Tbk pernah mengadakan Adiwiyata Summit bagi para duta lingkungan pada tahun 2016. Adiwiyata sendiri adalah nama program pendidikan lingkungan hidup. Acara ini gak main-main, ada 159 Siswa Siswi serta guru dari 54 SD, SMP, dan SMA binaan Astra, serta komunitas lingkungan daerah. Mereka semua berasal dari berbagai daerah di Meulaboh (Aceh), Lampung, DKI Jakarta, Banten dan Bogor (Jawa Barat),Yogyakarta dan Mamuju (Sulawesi Barat).
Sumber : Satu Indonesia

Sudah terbayang keseruan acara tersebut dalam pikiran gue. Karena pastinya anak-anak happy banget di ajak mengikuti berbagai rangkaian kegiatan yang berlangsung di Eco Edu Tourism Forest yang masih satu wilayah dengan Haroto Pusako, Hutan Konservasi yang di gagas oleh Astra. Dan gue salut, karena ini bukan pertama kalinya Astra membuat kegiatan yang bertemakan lingkungan hidup. Karena tahun 2015 juga telah membuat program Jambore Duta Lingkungan Astra 2015.

Kegiatan dalam acara Adiwiyata Summit sendiri berisi tentang edukasi lingkungan terkait Adiwiyataserta Sustainable Development Goals tujuan ke 15 yaitu: melidungi, memulihkan, dan mengedepankan pemanfaatan ekosistem darat secara arif, mengelola dan menjaga keberlangsungan hutan, memerangi penggundulan lahan, menghentikan dan mengembalikan degradasi lahan serta menghentikan hilangnya keanekaragaman hayati.

Oh iya, selama 60 tahun berdiri Astra berhasil membuktikan diri mampu menginspirasi berdasarkan 4 pilar, yaitu :
  1. Astra untuk Indonesia Sehat
  2. Astra untuk Indonesia Cerdas
  3. Astra untuk Indonesia Hijau
  4. Astra untuk Indonesia Kreatif


Menurut gue langkah Astra dalam melibatkan anak-anak dalam menjaga lingkungan hidup sangat tepat. Karena selain mereka lebih mudah ‘dibentuk’ anak-anak akan menjadi generasi penerus. Terdengar klise ya, tapi itu benar adanya.
Sumber : Satu Indonesia

Sebagai pendongeng profesional yang tidak pernah jauh dari dunia anak-anak, gue sangat berharap kalau kegiatan positif yang melibatkan anak-anak terlebih menjadikan mereka agen of change akan selalu terus di gagas oleh PT. Astra Internasional Tbk.


Karena bumi kita tidak hanya butuh orang-orang pintar. Tapi juga orang-orang yang bijaksana. Orang-orang yang mencintai alamnya. Orang-orang yang menghargai alamnya. Dan tugas kita bersama untuk menciptakan lingkungan positif bagi generasi muda agar mereka tumbuh menjadi anak-anak yang mencintai lingkungan. Teruslah menginspirasi negeri Astra, 60 tahun bukanlah usia yang cukup untuk terus menginspirasi. 

9 comments:

  1. Semoga kedepannya akan ada banyak lagi perusahaan2 lain yg mengadakan kegiatan serupa ya. Supaya lebih luas lagi jangkauan kita utk memperkenalkan go green kpd anak2

    ReplyDelete
  2. Syukurlah masih ada perusahaan yang peduli dengan lingkungan dan dunia anak sehingga mau repot membuat acara seperti ini.

    ReplyDelete
  3. Kegiatannya itu keliatan banget serunya. Itu mah bukan anak kecil aja, aku kalau diajakin juga senang. Hihi

    ReplyDelete
  4. Ini kalau aku masih kecil, pasti pengen ikut acara keren seperti Adiwiyata Summit ini. Secara udah besar pun aku aktif di dinas lingkungan hidup. Hehe. Program CSRnya Astra bagus ya, semoga dapat menumbuhkan kesadaran khususnya pada para peserta dan umumnya kita semua para penduduk bumi.

    ReplyDelete
  5. "Menurut gue langkah Astra dalam melibatkan anak-anak dalam menjaga lingkungan hidup sangat tepat. Karena selain mereka lebih mudah ‘dibentuk’ anak-anak akan menjadi generasi penerus. Terdengar klise ya, tapi itu benar adanya."

    Yup, aku setuju banget. Kepedulian terhadap lingkungan memang sebaiknya ditanamkan sejak kecil, sehingga mereka bisa mencintai dan menjaga lingkungan.

    Betewe, kegiatannya seruuu 😍

    ReplyDelete
  6. Iya aku setuju mba Pita. Terkadang kalau menanam sama orang dewasa itu sulit. Udah keras duluan dan ujung-ujungnya debat. Lebih bijak rasanya untuk menitipkan inspirasi dan nilai2 pada generasi muda (yang nanti jadi orang dewasa), karena mereka akan membawanya seumur hidup di masa depan. :)

    ReplyDelete
  7. Kegiatannya seru ya. Ngelibatin anak-anak juga. Pastinya ini akan berpengaruh ktk mereka besar nanti. CSR gaya Astra emang keren2.

    ReplyDelete
  8. Anak2 sekarang udah berkembang banget yaa, kadang yang dewasa aja bisa kalah sama anak2 kalo di ajarin go green dan cinta lingkungan sperti ini..

    Orang dewasa cenderung ga peduli dan tidak tau, salut buat kegiatan positif anak2 sekarang deh hehe

    ReplyDelete
  9. memang banyak sekali kegiatan CSR astra yang bermanfaat. Yang paling saluut itu adalah adanya kampung berseri...

    ReplyDelete