Follow Us @curhatdecom

Follow by Email

Saturday, July 30, 2016

Kalimantan Selatan Book Fair 3 | Ini dia Agenda Lengkapnya

12:08:00 AM 1 Comments

Seharian kepala cenat-cenut kayaknya pusing mikirin laporan sama cucian plus Umaro yang Lagi Manis Manja hihihi. Begitu suami pulang kantor udah ajah gue langsung todong anterin ke Duta Mall Banjarmasin. Gue penasaran banget sama Book Fair yang diadakan oleh Pemerintah Kalimantan Selatan. Tahun lalu gak bisa lihat karena pas banget mudik ke Jakarta.

Moment belanja buku emang paling nyenengin banget deh buat orang yang suka baca dan kolektor buku. Cuma setelah pindah ke Banjarmasin setahun lalu, gue kudu gigit jari karena ternyata harga buku disini jauh lebih mahal daripada di pulau Jawa. Akhirnya moment belanja buku biasanya dilakukan secara online atau pas mudik.

Tanggalnya pas nih, tanggal tua dan tanggal muda hihihi... Boroooong...

Nah, tadi begitu sampai te-ka-pe Umaro buru-buru gue serahin ke Ayahnya. Trus Bundanya dengan perasaan tanpa dosa meluncur bebas di antara kerumunan orang sambil lirak lirik. Dilalah buku-buku yang lagi dipesan (belum dibayar) ke langganan belanja online kok ya ada semua. Dan Syoknya itu semua muraaaaaaaaah

Saturday, July 23, 2016

Investasi Ini Harus Kamu Lakukan Ketika Si Buah Hati Hadir

8:34:00 PM 1 Comments


Kehadiran seorang anak dalam kehidupan berumah tangga adalah impian hampir setiap pasangan. Emaknya Umaro bahkan sebelum nikah (calon ayahnya ajah juga belum nongol) udah pengen banget punya baby. Sampe-sampe kalau sehari-hari suka elus-elus perut yang emang udeh endut dari sononye. Dan ternyata terkadang bawa rejeki juga sih itu perut, karena jadi sering di kasih tempat duduk di Busway atau comuterline kwkwkw. Tapi gak enaknya adalah dicurigain tetangga bahkan sampe ortu sendiri kalau emang itu perut ada isinya #huft.

Setelah akhirnya menikah dengan ayahnya Umaro, menanti enam bulan barulah Allah kasih kepercayaan kepada kami untuk memiliki anak, sampai akhirnya lahirlah Umaro di satu tahun pertama pernikahan kami.

Bagian paling menyenangkan saat mengandung Umaro tentunya adalah saat menikmati tumbuh kembang si baby bala bala itu di dalam perut Bundanya. Tapi pengalaman yang tidak kalah seru adalah mempersiapkan segala keperluan jangka pendek dan jangka panjang untuk buah hati kami. Dan inilah investasi awal ketika si buah hati hadir di antara kami. 


  • Perlengkapan Bayi
Perlengkapan bayi adalah investasi awal yang harus kamu persiapkan jauh sebelum bayi itu sendiri hadir selain memang juga harus mempersiapkan biaya persalinan. Kenapa perlengkapan bayi bisa menjadi sebuah investasi? Saat memilih perlengkapan bayi pilihlah bukan sekedar mempertimbangkan harga barang tersebut. Tapi juga kualitasnya. Barang berkualitas gak selalu mahal loh. Selain kualitas pikirkan juga manfaat jangka panjang barang tersebut.

Jika barang yang kita pilih berkualitas, maka daya guna barang tersebut juga akan lebih lama bisa di manfaatkan. Bahkan bisa di wariskan pada anak kedua, ketiga, keempat atau sepupu-sepupunya, atau malah bisa di jual lagi dengan harga bagus.

Selain itu jika perlengkapan baby yang digunakan berkualitas, maka tidak hanya lebih awet tapi juga bisa menjadi investasi buat si anak tersebut bahkan orangtuanya. Misal dalam memilih gendongan. Gendongan yang nyaman dan aman akan menjadi investasi jangka panjang untuk kesehatan bayi dan juga yang gendong (ibunya terutama). Kalau salah pilih gendongan konon katanya akan berpengaruh buruk pada perkembangan bayi. Ibu juga bisa kena imbas buruk pada kesehatan, tentunya ibunya mau donk bisa gendong anak selanjutnya bahkan sampai cucu.
  • Tabungan Masa Depan
Ajari anak nabung yuuuk... Sebelum kehadiran buah hati, mungkin kita bisa bersenang-senang dengan beli ini dan itu. Tapi jika buah hati sudah ada, ayo deh mulai berbagi. Karena tentunya si buah hati punya kebutuhan khusus yang harus dipenuhi.

Yang paling banyak bikin ngeluh Buibu saat harus ngeluarin uang belanja untuk si buah hati adalah susu, diapers, dan baju. Sebetulnya kalau bayinya ASI eksklusif sih, gak usah pusing mikirin beli susu bayi yang harganya lumayan nguras kantong sih. Kalau untuk Diapers, Umaro pakai Clodi jadi mahal di awal ajah selanjutnya lumayan hemat. Ini investasi juga buat ading (bahasa banjar: adik) Umaro nanti. So untuk urusan Susu dan Diapers Umaro Emaknya Umaro gak pusing. Dan kalau baju, biasanya emak-emak memang gampang tergoda nih. Baju bayi selain cepet ganti karena tumbuhnya cepet, harganya emang relatif lebih mahal.

Nah ada tips dari temen gue nih. Dia selalu membiasakan ketiga buah hatinya punya celengan masing-masing bahkan anaknya yang masih bayi juga dibuatkan celengan khusus. Sehari dianggarkan lima ribu rupiah. Katanya lumayan, kalau mau beli sesuatu misal sepatu both dsb bisa ambil dari uang itu. Jadinya gak rasa beratin uang belanja hihihi.

Memang penting juga sih menyiapkan tabungan untuk masa depan anak. Jangka panjang bisa untuk pendidikan atau keperluan mendesak seperti anak sakit dsb.
  • Pendidikan jangka pendek dan jangka panjang 
Yang setuju sama gue ngacung... Menurut gue pendidikan dasar anak adalah dari rumahnya sendiri. Dimana Ayah dan Bundanya adalah guru pertama si anak tersebut. Kemudian si anak mulai bersosialisasi dengan lingkungan tempat tinggal dan barulah kemudian pendidikan formal seperti sekolah menjadi tempat belajar si anak.

Nah Ortu selaku guru pertama tentunya tidak hanya mendidik, tapi juga harus terus belajar supaya bisa mengikuti "tantangan" terkini mendidik buah hati. Nah selanjutnya juga menyiapkan lingkungan yang aman dan nyaman untuk buah hati merupakan investasi karakter tingkat lanjut. Baru kemudian pilihkan sekolah yang baik untuk anak saat sudah waktunya sekolah.

Sekolah yang baik tidak harus mahal loh. Yang utama adalah sevisi misi dengan pola pendidikan dasar orangtua didukung dengan tersedianya tenaga pengajar yang mumpuni.
  • Quality Time
Memang mengurus anak pasti gak jauh-jauh dengan kebutuhan materi yang tidak sedikit. Sehingga orangtua harus banting tulang mengais rezeki demi buah hati. Bahkan tidak jarang para ibu juga ikut terjun payung membantu suami mencari nafkah demi keberlangsungan hidup.

Namun sesibuk apapun orangtua, sempatkanlah waktu untuk mendidik si buah hati. Meski ibu katanya adalah madrasah utama, jangan sampai kesibukan mencari nafkah membuat Ayah tdiak pernah ambil peran dalam pendidikan si anak.

Anak yang tumbuh dengan perhatian dan kasih sayang lengkap dari kedua orangtuanya Insya Allah akan tumbuh menjadi anak yang berkualitas. Untuk itu siapkanlah waktu berkualitas bersama buah hati anda.

Friday, July 22, 2016

Kalau 5 Sikap Ini Ada pada Suamimu, Ucaplah Alhamdulillah

11:22:00 AM 4 Comments

Siapa sih yang gak mau pasangannya menjadi sosok yang ideal, alias seperti yang kita inginkan. Tapi namanya jodoh Bu-Ibu, Insya Allah disiapkan sama Allah yang terbaik. Jika perangai suami nyebeli bersabarlah, jika perangainya baik bersyukurlah. Tapi kadang memang sesuatu yang baik untuk kita belum tentu loh baik menurut Allah. Ini dia 5 sikap yang bilamana dimiliki laki-laki maka Cuma satu kata untuk menggambarkan seluruhnya, “Alhamdulillah”.

Thursday, July 21, 2016

Amanda: Putri Bekasi Yang Terdampar Di Timur Indonesia

9:56:00 AM 1 Comments

Kamu harus setuju sama gue kalau Indonesia itu adalah negara dengan alam yang sangat eksotik, Yang nggak setuju sanah minggat dari Indonesia hihihi. Atau jangan-jangan yang gak sepakat gak pernah keluar dari Jakarta jadi tahunya Cuma gedung bertingkat ajah. Nah salah satu tempat yang mupeeeeeng banget gue kunjungi adalah Ambon Maluku.

Disana salah satu anggota FLP Bekasi terdampar bak Putri Duyung karena turut dengan Suami hihihi. Dia adalah Amanda Ratih Pratiwi. Salah seorang Mahmud yang sumpeh bikin mupeng karena berkesempatan tinggal di Timur Indonesia nan eksotik itu.

Monday, July 18, 2016

Mengatasi Batuk Pilek Bumil dan Busui Secara Alami

2:02:00 PM 0 Comments

Uhuk...Uhuk... eh gue bukan lagi nyindir siapa-siapa. Ini beneran lagi batuk. Ramadhan sudah berlalu, kudunya mah orang puasa mah tambah sehat ini gue sekeluarga malah sakit. Klo puasanya bener mah yah tambah sehat dijamin. Lah klo puasanya bukanya pake es, trus makan sesuai ingin tanpa perhatian sama gizi, di tambah es dan kadang suka jajan yang mana gak tau deh itu gulanya asli apa gak, minyaknya bagus apa gak, es nya pake air mateng apa gak dsb. Ditambah idul fitri juga wara-wiri kesana kemari akhirnya kecapekan dan daya tahan tubuh menurun deh. Alhasil uhuk...uhuk...

Thursday, July 14, 2016

Cuma Tahu Pasar Apung di Banjarmasin? Rugi! Coba Juga Wisata Budaya Satu Ini.

11:00:00 PM 0 Comments
Foto tahun lalu, masih belum bawa gendongan hahaha...

Gak berasa udah setahun lebih tinggal di Banjarmasin. Hampir semua tempat wisata di kota seribu sungai ini sudah dijelajahi. Tapi dari dulu sebuah bangunan di Siring Sungai Martapura bikin gue penasaran. Bangunannya berupa rumah panggung besar yang terbuat dari kayu Ulin. Rumah itu selalu tertutup tapi ada tulisan “Ruma Anno 1925”.
Sasirangan alias Batik nya orang Banjar

Nah setelah setahun lebih penasaran, akhirnya beberapa waktu lalu rasa penasaran itu tuntas sudah terjawab. Ternyata bangunan tersebut dijadikan semacam ruang pameran. Kalau dari baligho di jalan-jalan sih itu pusat pameran UKM kota Banjarmasin. Jadi bayangan gue di dalamnya ada beberapa stand pedagang jadi bisa belanja-belanja (dasar emak-emak), tapi ternyata gak seperti bayangan.
peta destinasi wisata kota Banjarmasin

Bangunan yang terdiri dari dua lantai ini sarat akan budaya Banjarmasin. Di dalamnya ada pameran pakaian adat Banjarmasin, pameran berbagai produk dari sasirangan (batik khas Banjarmasin), Pakaian Nanang Galuh (Abang Nonenya Banjarmasin), ada panggung, spot berfoto, dan foto-foto Banjarmasin dari masa ke masa.

Thursday, July 7, 2016

Hikmah Tahnik | Karena Tahnik Apakah Masih Bisa Dikatakan ASI Eksklusif?

11:00:00 PM 1 Comments
Umaro sedang di Tahnik Ayahnya di Rumah Sakit (lupa hari keberapa, kayaknya sih hari ke 3)

Akhirnya Emaknya Umaro #NulisLagi. Minggu lalu sempet bolos karena satu dan lain hal. Dan kali ini curhat Emaknya Umaro adalah mengenai Tahnik.

Beberapa waktu lalu ada teman yang sedang menjelang persalinan, banyak tanya ini itu seputar pengalaman gue. Nah salah satu yang bikin dia bertanya-tanya adalah Tahnik. “Apaan tuh pit Tahnik?”

Simplenya sih gue jawab ajah itu sunnah Rasul, yaitu dengan memberikan kunyahan kurma kepada bayi yang baru lahir. Nah terus muncul pertanyaan berikutnya, "emang Umaro gak ASI eksklusif? Kok di kasih kurma??"

Sebetulnya info seputar tahnik ini sudah Emaknya Umaro dapatkan sejak dulu. Tapi menjelang persalinan barulah gue sibuk bongkar-bongkar Buku Fiqih Sunah untuk Wanita karya Abu Malik Kamal Bin Sayyid Salim terbitan Al I’tishom, di dalamnya lengkap panduan wanita dari single sampai jadi mom.

Abu Musa ra. Menyatakan, “Ketika putraku lahir, aku membawanya kepada Nabi saw. Beliau memberinya nama Ibrahim, lalu mentahniknya dengan sebuah kurma. Beliau juga mendoakannya agar memperoleh berkah, lalu menyerahkannya kembali kepadaku.” Anak tersebut merupakan anak pertama Abu Musa. Diriwayatkan oleh Bukhari, No. 5467 dan Muslim, no. 2145.

Cara melakukan tahnik ini adalah dengan mengunyah sebutir kurma, kemudian air/sari nya dioleskan pada bibir bagian dalam bayi. Ada teman yang mengatakan, agar lebih afdol sebaiknya yang melakukan Tahnik adalah orang soleh. Tapi untuk keamanan,