Follow Us @curhatdecom

Kamis, 19 Oktober 2017

Ayo Cetak Foto : Wajahmu Boleh Tak Lagi Hadir, Tapi Fotomu Akan Menjadi Pengingat


Apa yang bisa kita lakukan saat orang yang kita cintai pergi untuk selamanya? Apalagi saat kata bernama rindu menjelma menjadi emosi yang mengundang air mata. Saat tangan tidak lagi bisa memeluk, saat mata tak lagi dapat menatap senyum, tawa, tangis dan semuanya tentang dia yang pergi. Apa yang bisa kita lakukan?

Gue masih ingat beberapa hari pasca kehilangan Umaro (baca juga: Berdamai Dengan Luka) gue duduk dekat mertua menonton video-video dan foto-foto Umaro dari Handphone sambil bercerita tentang kelucuan bayi kecil gue itu. Asisten rumah tangga yang duduk gak jauh dari kami kemudian bilang "Ibu... sudah jangan di lihat-lihat lagi fotonya. Nanti ibu sedih."

Dengan senyum menghiasi wajah gue jawab dengan santai si Acil (Bahasa Banjar : Bibi) "Gak papa Cil, saya cuma punya foto untuk menghibur saya. Saya cuma punya foto untuk pelampiasan rindu saya." Ya benar, gue cuma punya foto. Karena raganya sudah tidak mungkin lagi hadir.

Sampai saat ini kalau sedang kangen-kangennya, maka yang gue lakukan adalah membuka lagi galeri foto di handphone. Memandangi wajah yang akan selalu gue rindukan seumur hidup gue itu.


Handphone Suami Hilang

Selain kehilangan orang yang dicintai, kehilangan barang seperti handphone juga pasti bikin nyesek. Kalau barang seperti handphone bagi gue yang bikin nyesek adalah kehilangan data-data di dalamnya. Entah itu foto, kontak orang-orang, atau data-data lainnya yang tidak terbackup.

Beberapa bulan setelah Umaro pergi, ternyata musibah berikutnya adalah suami kehilangan handphone. Yang bikin sedih adalah, banyak foto-foto almarhum disana yang belum sempat gue backup. Padahal foto-foto tersebut mau gue cetak tapi belum sempat.

Selain handphone hilang, masalah lain yang bikin was-was terhadap data digital adalah kehadiran virus. Kalau sudah kena virus gak tau lagi deh gue harus bilang apa. Nyesek banget udah pasti.

Tapi foto-foto Umaro jumlahnya banyak banget. Bahkan ketika akhirnya gue pindahin ke flasdisk dari baru lahir sampai terakhir usia 10 bulan jumlahnya sampai 3Gb. Hehehe... iya maklum anak pertama. Makanya emaknya lagi "norak-noraknya".

Sebetulnya gue udah punya Baby Journal buat Umaro. Tapi gue harus pilih foto karena space terbatas, trus harus pergi ke tempat cetak foto yang mana itu ribet banget kan karena gue punya baby, plus biaya cetak per lembarnya itu loh mihil.

Bisa ajah sih gue akhirnya nge-print sendiri dengan beli kertas foto. Tapi dari yang udah-udah, hasil cetaknya kurang maksimal, trus fotonya gak tahan lama. Pasti deh cepet rusak. Makanya keinginan bikin kumpulan foto Umaro belum terlaksana.

Cetak Foto Online Mudah Dengan Idphotobook

Masih sambil menimbang-nimbang foto mana yang mau di cetak, ternyata ada teman FB gue yang sama-sama Blogger baru ajah meriview Jasa Cetak Foto Online idphotobook. Apaan tuh?
Sumber : Fanpage Idphotobook

Nah Jasa Cetak Foto Online ini maksudnya kita tinggal transaksi, kirim gambar, dan tunggu hasilnya. Foto yang kita kirim akan dibuat dalam satu album. Kolase, desain, dan tata letaknya sudah jadi bagian dari harga paket.

Jadi kalau kita cetak foto, masih ada PR beli album foto lagi, nah kolase foto yang kita buat di idphotobook sudah jadi berupa album foto. Dari yang gue lihat sih, hasilnya bagus-bagus. Harganya juga murah banget. Kok tahu murah?
Kata temen yang sudah nyoba, kualitas kertasnya juga bagus jadi Insya Allah Awet (Sumber Foto: Fanpage Idphotobook)

Soalnya gue pernah minta tolong teman yang juga photographer buat bikinin album foto Umaro. Saat ditanya harga dan gue kasih perbandingan dengan harga di idphotobook doi malah bilang "itu murah banget kak, loe cetak disana ajah. Kalau gue gak enak kasih harga pro ke elu. Kasih harga temen dapur gue yang perlu di kasihani." hihihihi
Sampulnya Hard cover, jadi pasti lebih awet (sumber Foto : Fanpages idphotobook)

Tambah mupeng pengen cetak foto di idphotobook karena emang hasilnya kelihatan eksklusif banget. 
Paket Harganya (sumber foto : Fanpages idphotobook)

Gimana Cara Order?

Cussss langsung Ajah Kepo-in Fanpagesnya. Kadang ada promo-promo menarik loh. Misalnya kayak ada diskon khusus atau promo free ongkir. Gue juga lagi ngumpulin foto-fotonya dulu nih yang mana mau di cetak. Habis foto Umaro banyak dan lucu-lucu.


Biasanya untuk order bisa langsung chat fanpage idphotobook atau bisa lewat nomor wa yang ada. Komen lewat postingannya juga fast respon kok. Cuss lah jangan nunggu bengong melongo karena foto di hape hilang atau terhapus. penyesalan itu selalu belakangan, kalau duluan namanya pendaftaran hehehe.


5 komentar:

  1. foto hilang di memory card itu memang nyesek bangeet. aku kemarin kehilangan koleksi foto yumna dari umur 0-6 bulan. sekarang jadinya kepikiran mau cetak atau rajin back up foto-foto yang ada di hape

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku mau nyetak nih, mumpung lagi ada promo. mau pilih2 dulu fotonya. bingung saking banyaknya hihii

      Hapus
  2. Penyesalan emang selalu datang belakangan ya mba. Momen kehilangan foto-foto anak juga pernah kualami pas kemaren hp bootlop, langsung direset clean data sama yg service, semua-muanya ilang. Rasanya sedih banget :(
    Kalau liat IdPhotobook ini kayanya harganya emang termasuk affordable yah, jadi kepengeeeeen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mba, aku barusan di chat lagi ada promo tuh

      Hapus
  3. Turut berduka atas kepergian Umaro. Sabar mbak...ia menanti mbak di surga
    Iya yah gak nyangka cetak di idphotobook murah plus gratis ongkir

    BalasHapus