Mempersiapkan 1000 Hari Pertama Kehidupan Si Kecil Bersama Prenagen

Second Pregnancy



Kata orang sih kehamilan kedua yang dialami seorang wanita biasanya akan dijalani dengan lebih santai. Katanya sih karena udah 'merasa' lebih berpengalaman. Tapi sebetulnya sih, kebanyakan wanita merasg akan sensasi berbeda disetiap kehamilannya. Nah, apakah yang dialami Bundaro di kehamilan kedua? Hehehe rasanya kayaknya sama ajah. Keluhan, keinginan, dan kondisi kesehatan sejauh ini sama ajah kayak kehamilan pertama. Tapi memang agak berat sih untuk menata hati karena harus mengatasi rasa kehilangan Umaro beberapa waktu lalu. Alhamdulillah bisa dilalui dengan baik karena suport orang-orang yang peduli.

Di kehamilan kedua ini sih emang rasanya lebih santai dan peduli. Santai secara mental, tapi secara kesiapan harus lebih siap, terutama soal nutrisi. Kalau di kehamilan pertama hobi ngemil, susah makan buah dan sayur, malas minum susu hamil, malas olahraga. Di kehamilan kedua ini gue memaksakan diri untuk melakukan semua itu. Pasalnya karena kebiasaan-kebiasaan jelek itu, selain berpengaruh secara fisik pada baby saat di dalam kandungan, juga berpengaruh besar pada kebiasaan si kecil ketika lahir.

Misal gue yang malas makan sayur dan buah, saat MPASI umaro susah makan buah dan sayur. Tapi kalau di sodorin martabak, beugh doyan bangeeeet (ups jangan di tiru yak :D). Satu-satunya ilmu yang gue praktekin saat hamil adalah coba relaks, always happy dan ikhlas. Yang menurut banyak artikel berpengaruh pada psikologis janin sehingga kelak saat lahir baby gak rewelan (depresi).

Dan yang paling gue suka dari kehamilan kedua ini adalah, gue sangat terbantu dengan adanya aplikasi Hallo Bumil yang merupakan aplikasi pendamping kehamilan pertama di Indonesia yang interaktif dan memberikan informasi kepada ibu yang sedang hamil. Nah, gue kan emang rada gaptek jadi baru tahu. Mulai eksplore smartphone baru-baru ini ajah. Jadi Smartphone gak cuma buat update status di sosmed ajah dong kwkwkw.

Nah aplikasi Hallo Bumil ini pembuatnya adalah PT Cakra Radha Mustika dan disponsori oleh PRENAGEN Ahlinya Nutrisi Kehamilan & Menyusui dari KALBE NUTRITIONALS. Ini sebagai bentuk perhatian Prenagen yang memang konsen sekali pada nutrisi pendamping Ibu Hamil dan Menyusui. Oh iya kalau dulu mungkin sudah ada yang pakai aplikasi ILUVBABY jangan bingung, karena Hallo Bumil adalah pergantian nama dari ILUVBABY.

Hallo Bumil Ini sangat membantu loh buat gue yang penasaran dengan perkembangan baby tiap minggunya. Apalagi buat emak-emak pikunan kayak gue, jadi kalau di tanya usia kandungan tinggal buka aplikasi ajah kwkwkw. Serunya lagi aplikasi ini tuh gak kayak aplikasi lainnya. Secara bahasa disesuaikan (maklum gue gak begitu gape bahasa inggris kwkwkw), dan serunya bahasa yang digunakan seolah-olah baby lagi ngobrol sama ibunya. Jadi setelah baca keterangan perkembangannya, gue langsung ngusap-ngusap perut sambil jawab hihihi.

Alhamdulillah nak Bundaro gak kram kaki, tapi tambah sering merasa lapar kwkwkw :p
Yang penasaran dengan Aplikasi Hallo Bumil ini bisa langsung cari di playstore ya dengan keyword "hallobumil". Apa? Memori gak muat? itu hapus-hapusin dulu ajah foto-foto selpihnya hihihi... *kabooooor

Serunya Event Prenagen Pregnancy Educational Journey 2017 #PPEJ2017

Entah bagaimana awal ceritanya, saat lagi 'liburan' di Jakarta yang lumayan lama (hampir 2 bulan) gue mendapatkan email yang berisi undangan #PPEJ2017. Sebagai isteri yang baik, yang gue lakukan pertama kali adalah meminta izin kepada suami. Sebab pastinya itu event membuat kepulangan gue ke Banjarmasin semakin molooor. Eh... bukan minta izin sih, merayu dan membujuk lebih tepatnya kwkwkw. Saat izin sudah ditangan, barulah gue mengiyakan undangan tersebut kepada penyelenggara.

Sempat hampir salah tempat, karena gue ngotot ke ojek online kalau lokasi #PPEJ2017 adalah di Hotel Pullman yang di Thamrin padahal udah bener pick up yang di Central Park. Akhirnya setelah memastikan isi email, gue nyerah untuk ke Central Park. Rasa gugup gue akhirnya berganti dengan komentar ringan ke Pak Ojek Online "Waaaah bener pak di sini tempatnya, itu Spanduk Prenagennya banyak beneeeer". Hati Hayati tambah lega melihat itu pasukan Unyu eh Ungu-ungu (dresscode) sudah antri manis satu persatu memasuki gedung.

Gue kira acaranya akan tergelar rada kalem kayak workshop-workshop yang pernah gue datangi. Tapi ternyata acaranya seruuuuuu pake banget. Banyak stand-stand yang banyak memberi 'service' untuk bumil. Ada cek kesehatan dan konsultasi gratis, ada demo masak, ada booth foto, dan yang pastinya stand bazar. Sayang banget dompet menipis gagal ambil uang karena kartu ATM entah kenapa eror. Tau kayaknya kalau bumil bisa kalap belanja nyetok Prenagen sampai kehamilan ke 4 kwkwkw. Habis promo-promonya menarik sih, kan mupeeeeng.

Walau gak bisa belanja, bumil sangaaaaat terhibur dengan goodie bag yang kece badaaaaai...
Nah ternyata keseruan yang gue kira berakhir di depan ballroom hotel Pullman 8 April 2017 kemarin nyatanya masih berlanjut. Jam 09.00 WIB seluruh peserta dipersilahkan masuk dengan sangat tertib. Maklum yang antri kebanyakan kan ibu hamil, jadi sebisa mungkin tidak gaduh dan jaga jarak aman sambil di pandu panitia. Andai di coummuterline bisa begini kwkwkw

Di dalam Ballroom, ruangan sudah di setting sangat cantik dan hommy banget plus dengan nuansa serba ungu. Gak menunggu lama, tiba-tiba suasana pecah oleh suara yang gak asing banget di telinga. Taraaaaa Mona Ratuliu masuk keruangan menyambut para peserta seperti tamu di rumahnya sendiri. Waktu hamil anak pertama usia kandungan 5 bulan ketemu Mona Ratuliu di Banjarmasin. Ini hamil anak kedua ketemu lagi di Jakarta. Pengen banget maju minta di elus lagi perutnya sambil modus "ngidam". Tapi di ruangan ada ratusan ibu hamil yang ngerinya pake modus yang sama kwkwkw

Selain di pandu oleh host kece, sesuai temanya yaitu Edukasi tentunya Prenagen juga menghadirkan narasumber-narasumber yang banyak sekali memberikan informasi-informasi. Tidak hanya seputar kehamilan tapi juga mempersiapkan kehamilan sampai dengan menyusui.

Salah satu yang di tunggu-tunggu di acara ini adalah kehadiran Mahmud alias Mamah Muda yang menjadi Brand Ambasadornya Prenagen. Yang beberapa waktu lalu melahirkan dan bikin Ayahro tepok jidat. Pasalnya gue jadi terinspirasi setelah lihat IG nya dan bilang "Ayahro, kehamilan kedua ini Bundaro mau lahiran water birth ya" kwkwkwkw
Salut sama pasangan ini, gak cuma Andien alias ibunya Kawa loh yang Aware sama tumbuh kembang anaknya, Bapaknya kawa klo di tanya-tanya paham betul...

Yoi... Andien loooh... Andien yang dateng. Iyaaaa Emaknya Kawa... Kawa yang lucu ituuuu... Emak muda yang kece ituuuu... kenapa gue bilang kece? 

Karena diantara sekian banyak artis mahmud, Andien adalah sosok mahmud yang gak berhenti belajar. Banyak 'gaya' mengasuh anaknya kawa yang baik untuk dijadikan teladan. Misal dengan pro ASI Eksklusif, menggendong yang baik (gak asal pakai gendongan), nutrisi yang bener selama hamil sampai menyusui, dll. Yah namanya juga artis kan, pastinya banyak gaya hidupnya yang banyak di tiru oleh penggemar. Dan semangat mau belajar Andien membuat dia pantas menjadi brand Ambasador Prenagen menurut gue *tsaaaah berasa juri Emak Idol gue 

Selain ada Sharing Sesion bersama Andien, ada juga pemaparan dari dr. Boy Abidin, SPOG (k), senam Prenafit, juga demo masak Andien bersama Chef Eddrian Tjhia.
Antri paling depan ah biar bisa icip-icip hihihi...

1000 Hari Pertama Kehidupan

Apa yang dimaksud 1000 Hari Pertama Kehidupan?

Jadi seperti sebelumnya sudah gue sampaikan, kalau kehidupan seseorang itu bukan dimulai saat lahir sambil nangis oe...oe... Tapi kehidupan seseorang dimulai sejak dia tumbuh dalam rahim seorang ibu. Euforia kehadiran si kecil seringkali di imbangi dengan memberi "aksesoris" untuk menunjang penampilan. Orangtua khususnya ibu, seringkali lupa bahwa selain itu semua, kebutuhan dasar si kecil ada cinta kasih orangtua, nutrisi dan stimulasi.

Hamil adalah kondisi yang bikin ibu merasakan nano-nano soal perasaan hati, dan kondisi fisik. Karena memang adanya perubahan hormon dalam tubuhnya. Jadi para ayah seharusnya mendampingi ibu dengan perasaan penuh cinta kasih agar ibu tidak merasa sendirian (ayahro mana ayahro, sini Bundaro kecup sayang sebagai ucapan terima kasih hihihi *curcol). 9 dari 10 wanita merasakan mual loh Pak saat hamil. Jadi sudah jelas butuh dukungan moril dari para suami.

Nah kondisi mual serta gaya hidup di khawatirkan berpengaruh pada kondisi janin. Padahal terutama di trimester awal, janin membutuhkan nutrisi yang lebih untuk perkembangan otaknya. Nutrisi yang di butuhkan antara lain asam lemak, DHA, Omega 3, Omega 6 serta kolin. Dengan kondisi sering mual, dan gaya hidup yang kadang makan asal kenyang tidak mempertimbangkan Gizi Lengkap Seimbang membuat seorang ibu membutuhkan asupan pendamping untuk perkembangan janin serta kesehatan si Ibu itu sendiri.

Salah satu pemaparan dalam #PPEJ2017 Jakarta
Seperti yang di paparkan dr. Herbowo AF Soetomenggolo, SpA ( K ), bahwa tumbuh kembang bayi baru lahir sangat ditentukan oleh pemberian nutrisi dimasa kehamilan & menyusui. 

Mungkin informasi seputar kesehatan secara umum bagi ibu hamil sudah banyak di dapat para ibu hamil. Tapi ternyata ada satu infromasi penting yang tidak banyak diketahui oleh ibu hamil. Gue pribadi kalau priksa kehamilan yang pertama di tanya adalah, BB janin, jenis kelamin, dan detak jantung. Ternyata gue hampir gak pernah bertanya pada dokter "Bagaimana kondisi plasenta saya dok?"

Plasenta? Maksudnya si Ari-ari? Teman si Baby selama di perut?

Iya selama ini yang berkembang di masyarakat Plasenta adalah teman si bayi selama dalam kandungan. Ternyata tugas si Placenta tidak sesederhana itu. Plasenta punya peranan penting dalam menyalurkan makanan dari Ibu ke Janin.

Menurut dr. Boy Abidin, SpOG ( K ) plasenta adalah organ spesifik kehamilan yang berfungsi dalam transportasi nutrisi dan oksigen dari ibu kepada janin yang dikandungnya. Selain itu plasenta berperan sebagai organ yang mempertahankan kelangsungan dan kesehatan kehamilan. Plasenta merupakan salah satu kompartemen kehamilan sehingga kesehatan organ ini harus diperhatikan karena akan memberikan dampak kesehatan jangka panjang terhadap si kecil. Kehamilan tanpa kesehatan plasenta adalah SEMU. 

Plasenta merupakan organ nutrisi sehingga nutrisi dalam kehamilan adalah KEHARUSAN.” You are WHAT your mother eat ”. Nutrisi yang di konsumsi ibu akan dialirkan kepada Janin melalui plasenta, sehingga pemilihan nutrisi yang baik dan spesifik untuk ibu dan janin merupakan hal yang harus diperhatikan selama kehamilan. Kebutuhan nutrisi Ibu hamil tidak sebatas hanya zat nutrisi tertentu akan tetapi harus lengkap dan seimbang terdiri dari makro dan mikronutrisi, sehingga diperlukan vehicle/kendaraan untuk bisa masuk kedalam tubuh ibu & janin. Susu Ibu Hamil adalah kendaraan terbaik untuk membawa zat nutrisi tersebut.


Prenagen tidak hanya setia selama 30 tahun menjadi pendamping Ibu saat hamil dan menyusui. Bahkan Prenagen juga meluncurkan produk untuk persiapan kehamilan lewat Prenagen Esensis. Susu yang rendah lemak namun kaya akan Asam Folat ; Kalsium ,Fosfor,Magnesium ,& Vit D; Protein & Mikroenkapsulasi Zat Besi; Sumber Serat ; Omega 3 &6. Sehingga saat janin sudah terbentuk, tubuh sudah punya simpanan nutrisi yang cukup. Baru kemudian di lanjutkan dengan Prenagen Mommy yang tersedia dalam dua varian salah satunya untuk mengurangi mual saat hamil.

Gue sih paling suka sama Prenagen Juice. Karena lumayan bosen kalau setiap hari minum susu doank. Jadi di seling sama Prenagen Juice. Diminum dingin-dingin pas siang bolong rasanya.... Nyosssss...

Walau bukan susu, Prenagen Juice ini ada kandungan Folat dan Vitamin C nya loh. Jadi bagus buat menjaga daya tahan tubuh bumil. Praktis di bawa juga kalau bepergian. 

Oh iya kalau kata orang minum susu hamil itu bikin mual (atau berdasarkan pengalaman sendiri) coba deh pakai tips berikut ini:

  1. Saat menyeduh, gunakan air hangat (40 derajat Celcius) bukan panas apalagi mendidih. Karena bisa merusak susu dan membuat aromanya juga rusak.
  2. Tuang Susu kedalam air, bukan sebaliknya ya. Kalau biasanya kita tuang dulu susu ke dalam gelas baru kemudian airnya, melakukan hal sebaliknya ternyata berpengaruh terhadap citarasa si susu (gue dapat tips ini dari SPG Prenagen by phone hihihi dan ternyata ngaruh :D)
  3. Variasikan minuman. Gak mesti di teguk utuh dalam bentuk susu kok. Variasikan ajah dengan buah favorit atau variasikan dalam resep makanan misalnya.
So mari kita nikmati kehamilan pertama... kedua...ketiga... dst *Ups. Kata Pemerintah mah kudu KB ya, Keluarga Berencana. So berencana punya berapa??? Kabooooor....

2 komentar:

  1. baca ini jadi ingat waktu hamil Nawra, ampes egitunya seharis atu kartoon 200gram aku habisin

    BalasHapus
  2. Emang kalo mau keluarga sehat ya, ibunya juga harus minum asupan yang bergizi, supaya pas hamil ibu dan anak sehat

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger FLP

Kumpulan Emak Blogger

Female Blogger Banjarmasin

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan