Follow Us @curhatdecom

Rabu, 19 Oktober 2016

Resep Puding Silky Ala Puyo



Beberapa waktu lalu di Mall dekat rumah (di Banjarmasin cuma ada satu mall keleus kwkwkw) ada opening both minuman Thailand. Menunya ada Thai Tea, Green tea, dan Catuchak. Gue yang emang hobi jajan minuman akhirnya nyoba chatuchak. Dari namanya udah thailand banget nih, dan berharap rasa seistimewa nama.

Pas di coba ternyata cuma jus sirsak, dengan serutan kelapa plus selasih dan secuil leci hehehe. Akhirnya nyeletuk lah gue sama suami, "Enaknya Sh**e Tea ya Sayang." Yang di jawab suami "Apa enaknya sih minuman kayak gitu? Biasa ajah, mahal doank." kwkwkwkw...

Iya emang suka dapet protes sih kalau gue jajan minuman begituan keseringan. Segelasnya ajah paling murah IDR 25k. Lah kalau setiap hari gue jajan begituan lumayan cekak sih. Dan yang paling ngenes kata suami adalah "Kamu tahu gak kenapa usaha minuman beginian cepat berkembang? Modalnya kecil tapi masuk mall harga langsung selangit" (agak lebay sih, gak sampe selangit juga keleus hihihi). 

Tapi itulah mahalnya sebuah branding. Kalau mereka jual biasa ajah sih paling cuma IDR 15k/gelas. Well, tapi demi menyelamatkan perut dan dompet maka gue harus bersikap adil. Jajannya sesekali dan kreatifnya harus sering kali hehehe. Jadi mari kita bikin sendiri minuman ala cafe.

Sebetulnya sih minuman-minuman itu biasa ajah (bener kata suami). Kelebihannya memang menggunakan teh premium ajah jadi rasanya akan beda kalau kita nyeduh sendiri di rumah pakai teh cap ayam jago hehehe. Dan, tentu ajah toping yang spesial.



Awalnya sih gue gak tahu kayak apa puding Puyo itu. Pas di Jakarta main ke mall ternyata itu nama brand ya. Dan pas gue coba selain enak ternyata gue sering kok nemuin puding itu di sini sebagai toping minuman ala cafe favorit gue. Tau gitu dari dulu gue coba-coba bikin deh. So let's to cooking...

Bahan:

  1. 10 gram nutrijell (rasa sesuai selera)
  2. 2 sdm tepung maizena
  3. 1200 ml Air/Susu Cair
  4. 30 gram gula (Sesuai Selera)
  5. 2 Sachet SKM (Skip jika pakai susu cair)
Cara Membuat:
  1. Campur nutrijell, maizena dan gula dalam panci. Aduk rata.
  2. Tambahkan Air/Susu Cair, SKM. Nyalakan Api aduk terus sampai seluruh bahan larut.
  3. Masak sampai mendidih sambil terus diaduk supaya tidak menggumpal. Matikan Api. Tuang dalam cetakan. Biarkan dingin dan mengeras.
Catatan:
  • Nutrijel dengan ukuran 35 gram pakai 1/3 nya saja
  • Active Acid yang ada dalam Nutrijel tidak perlu di gunakan
  • Karena tekstur yang sangat lembut sebaiknya satu wadah untuk sekali makan (karena gak bisa dipotong-potong)
Gampang kan bikinnya??? Hasilnya lembuuuuut bangets...

Bisa di campur dengan minuman kesukaan atau di makan langsung juga enak loh. Berhubung Umaro belum bisa makan ini jadi emaknya ajah yang makan. Keponakan juga suka banget pas di cobain ini hehehe. Kalau mau praktis ada juga sih yang jual tepung cepat sajinya di online atau di toko perlengkapan kue/roti. Tinggal masak ajah gak perlu takar-takar hehehe

21 komentar:

  1. aku pernah beli sharetea itu ternyata nggak terlalu suka. syukurlah. hihi

    BalasHapus
  2. Noted..mau nyoba jugaa..
    Thanks for share ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mba makasih juga udah mampir 😁

      Hapus
  3. Ohh ternyata pakai maizena yah biar pudingnya lembut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuuuul dan airnya di banyakin (tapi jangan kebanyakan banget juga sih hehehe)

      Hapus
  4. Ahh pas bangett kebetulan anak saya lagi GTM tapi suka sama pudingnya puyo. Biar berhemat bkn resepnya ah. Makasih mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo di banjarmasin puyo belum masuk mba hehehe. Coba bikin yang rasa cokelat deh enak bangeeet

      Hapus
  5. Gampang banget bikinnya mbak dan semua bahan ada di kulkas, tinggal eksekusi saja ini. Eh tapi, kalau diganti dengan susu fullcream berapa ml ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pakai susu fullcream sama ajah mba sekitar 1000-1200ml

      Hapus
  6. Ntar gue japri ah, klo kyk gini nggak bsa nanya2 ke elo

    BalasHapus
  7. Saya juga mbak pernah bikin puding sendiri karena baru pertama kali jadi hasilnya belum memenuhi syarat deh dan kalau menurut saya mah jauh dari kata sempurna, ahi hi hi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo coba resep yang ini. Asalkan sesuai dengan takaran pada resep insya Allah anti gagal

      Hapus
  8. Boleh juga nih mbak resepnya.. saya coba di rumah ya mbak..

    BalasHapus
  9. ka pitong, aku gak bisa bikinnya. susunya kurang berasa padahal SKM nya udah pas 2 saset dan airnya pun segitu, masih kurang lembut. kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk tingkat kemanisan tergantung selera yo. Masalah gak berhasil lembutnya coba tepung maizenanya atau Nutrijelnya udah sesuai takaran belum?

      Hapus
  10. Hahaha... sama. SUka penasaran sama menu yang manaya aneh-aneh. Pas sudah terhidang, ternyata nggak sesuai dengan harapan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi ngeri juga sih kalau aneh trus yang muncul makanan/minuman yang aneh juga hiiiiy

      Hapus
  11. jadi penasaran dengan rasanya mba, hehehe

    BalasHapus