Resep Bubur Manado Ungu Dengan Oat


Siapa yang pernah di tantang suami buat masak sesuatu? Gue pernah di tantang suami buat bikin bubur Manado. Aduh tapi dari dulu gue selalu bingung kalau bikin bubur takaran aernya kayak gimana. Takut kurang malah cuma jadi nasi benyek, atau malah kelebihan malah jadi bubur encer.

Kenapa suami kasih tantangan itu? Rupanya waktu kecil katanya mama mertua suka bikinin bubur Manado. Bener kata adik ipar gue, kalau mama mertua tuh emang tipikal ibu rumah tangga idaman deh. Nurut sama suami, hampir gak pernah denger marah, dan gak cerewet pinter masak pula, asik deh. Waktu datang ke Banjarmasin nengok Umaro yang lahiran ajah gue di buatin Coto Makasar cuma gara-gara gue bilang belum pernah makan kwkwkw.

Nah balik lagi ke urusan Bubur Manado, sebetulnya gue antara tertantang dan pengen nyenengin hati suami (tsaaaah). Tapi gue ajah belum pernah nyobain kayak apa itu bubur manado. Gue tahunya itu bubur hits gara-gara Norman Kamaru hehehe. Lagi-lagi setelah disampaikan ke mertua lewat suami gue, pas mudik kemaren gue langsung dibuatin bubur Manado yang original.

Ini versi original dengan labu kuning bukan ubi ungu

Setelah pulang ke Banjarmasin akhirnya gue beranikan diri untuk bikin juga. Tapi... gue males berlama-lama di dapur. Bikin bubur itu lama dan harus sering di tengok. Selain sibuk kerjaan rumah, bacain grup wa yang se alaihum gambreng, nulis status di FB (isteri macam apa ini??), gue juga di kejar-kejar panggilan Umaro yang kayak grup dangdut Manis Manja Grup kwkwkw.

So gue pilih buat bikin Bubur Manadonya pake Oat. Dan supaya agak cuantik, mari kita kreasikan sehingga buburnya berwarna biru. Tentu aja dengan pewarna alami ya jeung. Jangan pake sianida (emang sianida pewarna???)

Bahan:

  1. 1 batang sereh memarkan
  2. 100 gram Ubi Ungu Potong Dadu (atau bisa juga pakai ubi biasa atau labu kuning)
  3. 2 sdm jagung manis
  4. 800 ml air
  5. 8 sdm Oat (gue pakai Quacker Oat yang biru)
  6. 1/2-1 sdt garam (bisa di skip, karena udah enak kok tanpa garam)
  7. Segenggam daun kemangi
  8. Segenggam sayur kangkung
  9. Segenggam sayur bayam
  10. Segenggam cinta kasih dan rasa tulus (bukan segenggam berlian ya :p)
Cara membuat:
  1. Masak Air dan Sereh sampai mendidih, kemudian masukkan Ubi Ungu. Masak sampai setengah matang. 
  2. Tambahkan jagung masak sampai matang.
  3. Masukkan daun-daunan, biarkan sampai layu.
  4. Masukkan Oat, aduk-aduk sampai rata. Masak sekitar 5-10 menit atau sampai mengental.
  5. Sajikan hangat-hangat dengan lauk ikan Asin atau sesuai selera.
Catatan:
  • Sebaiknya sayur yang dimasukkan daunnya saja.
  • Kalau merasa terlalu encer bisa di tambahkan lagi oatnya 2-4 sdm
Gampang kaaaan, yuuuk di coba. Karena pakai Oat katanya sih jadi lebih sehat hehehe. Setelah gue coba versi beras ternyata suami lebih suka versi Oat. Ini bisa juga loh buat menu MP-ASI. Tinggal Skip garamnya, trus kasih lauk tambahan deh. Nyumiiii...

4 komentar:

  1. Udah aku foto, Mbaaa hehee..mau dicobaa ah. Smoga ga sekadar niat hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung praktekkan yaaaaa hehehe

      Hapus
  2. Terima kasih sharing resepnya, ga sabar pengen segera coba bikin juga cocok untuk cuaca hujan seperti sekarang ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, apalagu dalam kondisi sakit enaknya yang gampang dicerna dan anget-anget

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger FLP

Kumpulan Emak Blogger

Female Blogger Banjarmasin

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan