Resep Bolu Karamel Sarang Semut Dengan Magic Com


Punya panci magic com yang mengelupas? Kalau mesinnya masih bagus mending beli pancinya ajah. Lumayan paling harganya sekitar 40-70 ribuan ajah. Kalau beli baru semuanya kan lumayan mahal. Nah karena panci magic com di rumah udah mengelupas yang konon katanya berbahaya gue merayu suami buat beli pancinya ajah. Kenapa? Biar lebih hemat karena mau beli Slow Cooker untuk persiapan MP-ASI Umaro hehehe #EmakEmakPasangStrategi

Awalnya suami sempet ragu, emangnya ada yang jual panci nya doang? Idih jangan sedih, emak gue di rumah (Jakarta) kalau pancinya udah rusak gak buru-buru ganti semua. Beli pancinya ajah. Kalau di Jakarta yang jual mah banyak. Tapi di Banjarmasin belum paham beli di mana. So lagi-lagi kali ini kita mengandalkan online shop hehehe.

Nah, setelah si panci baru datang, gue entah kenapa langsung semangat 45 pengen bikin kue yang katanya serba magic com itu loh. Kok rasanya bikin kue semudah membalikkan telapak tangan (gak juga sih kwkwkw).

Akhirnya setelah gue bulatkan tekad, kemudian melengkapi bahan-bahan yang emang ternyata sudah menipis di dapur gue dengan pergi belanja bersama Umaro. Tada... ayo kita laksanakan.

Resepnya dari mana? Banyak seliweran di Timeline FB sebetulnya. Hobinya emak-emak kan sebetulnya ngesave resep tapi paling Cuma 1% dari total yang di save yang dipraktekan kwkwkw #gueBanget

Ya udah lah ya, yuk kita buat.

Bahan:
  1. 250 gram gula pasir
  2. 100 gram tepung tapioka
  3. 100 gram tepung terigu serbaguna (protein sedang)
  4. 4 butir telur
  5. 2 sachet SKM Putih/Cokelat (gue pakai cokelat)
  6. 100 gram margarin, cairkan (gue pakai blue band cake and cookie)
  7. ½ sdt baking soda
  8. ½ sdt baking powder
  9. 310 ml air panas


Cara membuat:
  1. Panaskan gula pasir sampai mencair (sebaiknya pakai panci teflon) biarkan mencair sendiri tidak usah diaduk apalagi dibor pakai goyang inul hehehe. Kalau sudah mencair semua tuang air panas sedikit demi sedikit.
  2. Kocok telur dengan garpu sampai tercampur, tambahkan SKM aduk sampai rata.
  3. Campur gula, tepung tapioka, terigu, baking powder, dan baking soda dalam wadah terpisah sambil di ayak.
  4. Jika sudah tercampur masukkan telur yang sudah di kocok. Aduk rata menggunakan mixer (speed rendah), atau whisker atau garpu juga bisa asal siap capek ajah hehehe.
  5. Masukkan campuran air karamel kedalam adonan sambil di saring sedikit demi sedikit sambil terus di aduk.
  6. Terakhir masukkan margarin yang sudah di cairkan, aduk rata.
  7. Olesi panci magic com dengan margarin tipis-tipis kemudian lapisi dengan tepung terigu. Sebaiknya margarin dan tepung di oleh setipis mungkin agar nanti kulitnya tidak alot.
  8. Tuang adonan kedalam panci. Lalu masak seperti memasak nasi biasa.
  9. Setelah 5 menit biasanya mesin kembali ke penghangat (jeglek bahasa gue mah). Tapi kue belum matang loh. Biarkan saja selama lima menit, lalu tekan tombol memasak lagi. Lakukan terus sampai 5x (setiap magic com berbeda ya, lakukan tes tusuk. Kalau tusuk gigi sudah tidak basah oleh adonan tandanya sudah matang.
  10. Setelah matang keluarkan kue dari panci, biarkan dingin kemudian hidangkan.

Catatan:

Setiap magic com beda-beda ukuran ya. Sebaiknya adonan yang dituang hanya sampai setengah panci. Karena adonan akan mengembang 2x lipat.

Bagi gue kue karamel ini kaya nostalgia. Pasalnya dulu waktu kecil emak sering bikin. Tapi setelah gue dewasa yang juga dibarengi dengan menuanya usia emak, meski berkali-kali gue minta buatin emak selalu menolak karena dah gak sanggup.

Entah karena ada kontak batin, pas gue lagi bikin ini kue emak nelpon. Trus gue bilang ajah lagi bikin bolu karamel tapi pakai magic com. Emak heran, "Apa bisa?" Nyatanya ini anakmu sukses mak bikin kue nostalgia kita hehehe.

5 komentar:

  1. Nah gue baru tahu juga kalau ada yang jual panciya doang.
    Dan baru tahu juga kalau bisa biin kue di magic com .... Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mayan mba buat anak kostan kadang yang cuma punya magic com. Itu pun klo di bolehin bawa sama ibu kost kwkwkw

      Hapus
  2. naaah, ini nih asiknya... bikin kue paket hemat :D

    *klo ke bandung, bawain yak :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paket hemat ajah masih minta di buatin ckckckc :p

      Hapus
  3. Sekarang apa sih yg gak ada di OS ya mbak? hehe
    Wah enak tu kuenya, nyomot donk :))

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger FLP

Kumpulan Emak Blogger

Female Blogger Banjarmasin

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan