Bagaimana agar kita betah di tempat Kerja? | Info Loker



Sering seliweran di timeline Facebook gue atau status BBM yang isinya tiap menjelang weekend pada hepi pake banget dan kalau weekday datang langsung pada “maksa” bilang “I Love Monday” hihihi. Emang apa salahnya si hari Senin ya?? Hehe

Biar kata gue sekarang gak pernah update soal si Monday yang sering jadi trending topic tiap awal pekan, dulu gue pernah loh jadi orang yang keknya untuk keluar dari selimut pagi hari itu susaaaaah banget. Sampai pada akhirnya gue menemukan masa di mana gue begitu menikmati hari meski weekend telah berlalu.

Dulu gue sempet kerja di sebuah LSM di Jakarta. Pekerjaannya mempertemukan gue dengan 5 agen perubahan di tiga sekolah berbeda dan harus rapat mingguan di kantor untuk laporan perkembangannya. Nah entah kenapa yang dipilih untuk ngantornya ini setiap senin, mana untuk menuju ke TeKaPe ampuuuun maceto bikin pengen pasang sirine biar di kasih jalur khusus (walau di Jakarta yang begitu juga gak berlaku sih).

Pada saat itu gue emang hobi ngeluh banget tiap harus ngantor. Maklum gue ini orang lapangan yang emang klo ketemu kantor rasanya gerah dan bosen. Tapi yah mau gimana lagi sih, setidaknya gue harus bersyukur bisa bilang “capeknya bekerja” daripada terus ngeluh “capeknya cari kerja”.

Lama kelamaan ternyata gue mulai enjoy loh dengan pekerjaan gue itu, meski waktu tempuh kantor 2,5 jam dengan macet dan harus ngelembur sesekali. Kenapa?


  • Tempat kerja dan teman-teman mengapresiasi saran dan ide yang gue kasih. Setiap manusia sebetulnya butuh pengakuan, bener gak? Makanya ada orang yang tiap hari nulis curhatan di medsos tujuannya sebetulnya gak lain dan gak bukan untuk di akui kok kwkwkw (nunjuk diri sendiri). Entah karyanya, entah idenya, entah kecantikannya, entah keluarganya, entah pekerjaannya dll. Nah apalagi kalau sampai di tempat kerja kita bisa mendapatkan pengakuan. Ide yang kita lontarkan di terima atau setidaknya didengar. Kalau ada tempat kerja baru buka mulut dah di suruh mingkem aduhaaaaai... kibar bendera putih deh. Tapi keadaan tidak didengar bisa juga loh karena kita tidak pernah mencoba bicara. So coba deh dari sekarang biasanya memberi ide, jangan Cuma di pendam. Gue ajah berkat ide asal nyeblak buat liburan ke Bali malah bisa bawa gue ke Singapore waktu itu hihihi..
  • Atasan memberikan job desc sesuai dengan minat dan kemampuan. Nah ini namanya disebut dengan bekerja sesuai Passion. Serius deh mengerjakan sesuatu yang kita sukai itu kadang menghadirkan loyalitas tersendiri terhadap pekerjaan tersebut. Kadang klo udah seneng ngelembur pun hayuk ajah karena ngerjainnya sampai lupa waktu karena keasyikan. Gue banget nih, Kakak Boz (panggilan kesayangan) gue waktu itu tau banget gue suka hand craft. Nah karena salah satu misi agen perubahan yang kami bina ada misi melestarikan lingkungan hidup gue pun ditempatkan sebagai PJ Divisi Hasta Karya yang tugasnya menemukan ide-ide kerajinan tangan dari daur ulang. Saat eksekusi atau tutorial bisa sampai malam ciiin. Dan job desc lainnya yang diberikan ke gue adalah Nge-MC atau Nge-Dongeng saat acara jambore dsb. Padahal klo di luar kerjaan harusnya gue dapet tambahan fee. Tapi karena emang gue suka, meski nge MC dan Nge Dongeng jadi profesi di luar kantor gue sih seneng-seneng ajah hehehe. Entah gue yang polos atau emang gue gak mata duitan yak kwkwkw..
“Passion tidak harus selalu menjadikan kita bos dalam bekerja. Karena ada juga orang yang passionnya adalah melayani orang lain loh”


Lingkungan tempat kerja yang nyaman. Nih penting banget! Gue gak pernah takut datang kepagian atau pulang kemalaman ke kantor karena emang lingkungan kantor yang Aman dan Nyaman. Cius nyaman banget loh, gue sampai nyiapin bantal dan selimut di kantor. Sampai akhirnya gue harus resign karena ikut suami ke Banjarmasin, gue baru sadar ternyata kantor udah jadi rumah kedua. Sampai 3 kloter gue bawa pulang barang-barang gue pakai motor hihihi.
  • Teman kantor yang asyik buat jadi teman sehari-hari. Ada loh orang yang secara kerjaan bagus tapi secara personal dia kurang oke. Atau sebaliknya atau bahkan keduanya baik atau keduanya buruk. Nah asyiknya kalau kita di kantor punya teman kerja yang juga asyik buat jadi teman main kan di kantor jadi gak Cuma pusing soal kerjaan. Klo jam istirahat bisa ngajak cari makan siang yang agak berbeda. Atau ngajak nonton sepulang kerja. Wah pokoknya asyik deh.

Tapi sebetulnya dimanapun kita bekerja namanya kondisi gak nyaman pasti ada ajah sih. Tinggal bagaimana pintar-pintarnya kita ajah deh buat bertahan dengan rasa syukur. Yang masih cari-cari kerjaan barangkali mau coba Loker Alfamart boleh juga.

Management Trainee Technical Support dan Maintenance
Loker Alfamart yang satu ini memberikan Anda kesempatan untuk belajar menjadi calon pemimpin yang tangguh dan profesional di level manajerial pada departemen Technical Support Maintenance.
Kualifikasi:
  • Usia maksimal 27 tahun
  • Pendidikan minimal S1 Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin
  • IPK minimal 3,20 dari skala 4,00
  • Memiliki pengalaman berorganisasi
  • Memiliki jiwa kepemimpinan dan kemauan kuat untuk belajar
  • Siap training di Head Office Cileungsi, Bogor
  • Siap ditempatkan di seluruh area kerja Alfagroup

Selengkapnya tentang Loker Alfamart.

Yuk ikhtiar nyari pekerjaan. Siapa tahu kamu bisa nemuin 4 point yang agar kita betah di tempat kerja yang gue share.

4 komentar:

  1. Aku sudah hampir 10 tahun kerja kantoran full time, meski itu dilalui dengan pindah-pindah kantor. Dan sekarang sedang dalam taraf bosan mampus. Capek kerja diatur waktu begini. Nyari sesuatu yg bisa bikin betah, kok ya belum nemu-nemu. Mau resign, tapi kok dasarnya aku suka bekerja & berpenghasilan. Auk ahh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi emang mba namanya kerja sama orang gak fleksible. Mau berdiri sendiri butuh nyali hehehe

      Hapus
  2. Saya baru ngerasaain kerja itu tidak seperti yang di bayangkan... #newbie
    tapi boleh juga nih mbak saranya.. makasih bnyak mbak..

    BalasHapus
  3. Iya sih, memang begitulah bekerja itu. Kalau lingkungannya nyaman bikin betah.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger FLP

Kumpulan Emak Blogger

Female Blogger Banjarmasin

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan