Mengatasi Batuk Pilek Bumil dan Busui Secara Alami


Uhuk...Uhuk... eh gue bukan lagi nyindir siapa-siapa. Ini beneran lagi batuk. Ramadhan sudah berlalu, kudunya mah orang puasa mah tambah sehat ini gue sekeluarga malah sakit. Klo puasanya bener mah yah tambah sehat dijamin. Lah klo puasanya bukanya pake es, trus makan sesuai ingin tanpa perhatian sama gizi, di tambah es dan kadang suka jajan yang mana gak tau deh itu gulanya asli apa gak, minyaknya bagus apa gak, es nya pake air mateng apa gak dsb. Ditambah idul fitri juga wara-wiri kesana kemari akhirnya kecapekan dan daya tahan tubuh menurun deh. Alhasil uhuk...uhuk...

Dimulai dari ayahnya Umaro dulu nih yang bapil, menyusul umaro, dan sekarang bundanya. Hiks...
Karena posisi menyusui, sama seperti halnya saat hamil busui gak boleh sembarangan minum obat loh. Sejak beberapa tahun sebelum menikah entah gue lupa gimana awalnya, setiap batuk pilek hadir gue selalu percayakan pada si ramuan ala-ala gue. Yang pasti sih karena gue emang gak suka minum obat, makanya dulu cari cara ngobatin flu dengan cara yang enak.

Nah iseng ajah gue meramu jeruk nipis+madu+air hangat. Menurut gue enak, dan alhamdulillah emang manjur kok.

Suami gue udah sembuh beberapa hari lalu karena begitu bapil langsung gue bikinin ramuan ini. Dulu mah dikit-dikit obat. Waktu hamil sempet bapil juga, pas dokter nulisin resep obat, gue cerita setiap hari gue gempur bapilnya dengan ramuan ala-ala itu. Alhasil sama dokter di coret, katanya udah bagus penanganannya. Gak perlu obat.

Tapi yang bikin sedih adalah, Umaro sekarang ikutan Bapil. Sempet dilema apa di bawa ke dokter ajah ya? Tapi tanya sama kakak ipar (kakak kandung suami) yang memang dokter katanya gak perlu. Cukup gempur ASI ajah dan di jemur setiap pagi. Ayahnya juga ikutan berjemur biar virus nya mati katanya hihihi. Next time saya tulis juga deh tentang kapan sebaiknya membawa anak ke dokter. Supaya gak sedikit-sedikit ke dokter.

Nah yang mau nyoba resep ramuan anti bapil ala-ala, Cuma butuh tiga bahan ini kok:
  1. Perasan jeruk nipis/lemon juga boleh 2-3 sdm
  2. Madu murni 50ml atau sesuai selera
  3. Air hangat (jangan panas nanti bisa merusak madunya) 100-150 ml atau sesuai selera

Jeruk nipis ini banyak sekali kandungan vitamin c nya yang bagus buat daya tahan tubuh. Madu juga kata dokter kandungan gue dulu merupakan antibodi alami. Di Al-Qur’an Surat An-Nahl ayat 69 juga di jelaskan:

Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlan jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkanbagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkannya.


Yang paling penting Bumil dan Busui pun juga harus menjaga asupan gizinya. Karena kesehatannya dan asupannya tidak untuk dirinya sendiri. Tapi juga si kecil yang masih bergantung pada Ibu.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger FLP

Kumpulan Emak Blogger

Female Blogger Banjarmasin

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan