Follow Us @curhatdecom

Selasa, 21 Juni 2016

Tentang Gerakan #BukuRamahAnakMuslim


Bismillah...

Sejak beberapa tahun lalu saya memang dibuat gundah lantaran kecolongan beli buku anak yang saya kira bagus dan informatif nyatanya malah diam-diam terselip pesan LGBT (Lesbian, Gay, Bioseksual, Transgender). Saya dan mungkin sebagian besar orangtua diluar sana mungkin bukannya tidak peduli, tapi seringkali kami kecolongan karena embel-embel “buku anak” sehingga membeli tanpa lebih dulu membacanya.

Ya iyalah, kadang anak keburu meminta di tempat dan gak mungkin juga kita melahap buku yang tebal di toko buku baru kemudian membelikannya untuk anak. Maka itu tercetuslah sebuah ide gerakan berjejaring antar orangtua/kakak/guru yang peduli dengan bacaan anak.

Membaca itu baik, tapi alangkah sedihnya kalau ternyata kebaikan itu di manfaatkan oleh opnum tertentu untuk menyebarluaskan faham yang menjerumuskan. Agar gerakan ini tidak menjadi gerakan penilaian buku secara subyektif, tentu perlu adanya standart penilian buku itu menjadi buku yang ramah anak atau tidak khususnya muslim.

Berikut saya jabarkan point penilaian Buku Ramah Anak Muslim:
  1.  Tidak bertentangan dengan Al Qur’an dan Hadits (sudah jelas sekali)
  2. Tidak melecehkan golongan tertentu
  3. Tidak melecehkan suku tertentu
  4. Tidak mengandung gambar-gambar yang vulgar (Buku yang berkaitan dengan pengajaran anatomi tubuh tidak termasuk di dalamnya. Cukup menjadi catatan bahwa harus dalam pengawasan orangtua)
  5. Tidak mengajarkan kekerasan (Jika dicontohkan ada anak nakal yang masih wajar, namun kemudian ada hikmah cerita yang bisa diberikan tidak termasuk di dalamnya)
  6. Tidak mendukung gerakan LGBT


Adapun cara berpartisipasi dalam gerakan ini adalah:
  1. Menuliskan resensinya di blog pribadi dengan hastag #BukuRamahAnakMuslim kemudian link nya di share melalui email saya dongengkakpita@gmail.com. Nanti akan saya tulis sebuah pembuka untuk menuju blog partisipan sesuai link yang diberikan.
  2. Jika tidak memiliki Blog, bisa mengirimkan komentar tentang buku beserta ulasan umumnya, kemudian akan saya tulis ulang menjadi resensi sederhana dengan menampilkan partisipan sebagai narasumbernya.
  3. Penulis tidak bisa merekomendasikan bukunya sendiri.
  4. Nantinya akan ada gallery Khusus untuk menampilkan buku-buku yang masuk ke dalam kategori Buku Ramah Anak sehingga pengunjung bisa dengan mudah melhat list bukunya.


Mari jadikan gerakan ini menjadi gerakan bersama. Jika ada kritik dan saran atau kedepannya terdapat buku yang ternyata tidak sesuai dengan point kelayakan silahkan menghubungi saya untuk di evaluasi. Terima Kasih...

2 komentar:

  1. resensi lama boleh ya, Kak Pit. Nanti aku kirim linknya deh.. 😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh banget Mba Lina, sudah masuk ke email aku. Hari ini aku share ya. Makasih :)

      Hapus