Follow Us @curhatdecom

Rabu, 22 Juni 2016

Resep Roasted Chicken Hanya Dengan 3 Bumbu Dasar + 1 Bumbu Rahasia

Maknyuuuuus
 Beberapa waktu lalu gue sempet share menu berbuka puasa yang katanya ala-ala restaurant itu. Yaitu Ayam Panggang Alias Roasted Chicken. Tampilannya seksi karena si ayam matang dalam keadaan utuh hahaha. Kesannya sih itu ayam rempong masaknya. Tapi tau gak sih loooo... itu ayam lebih mudah masaknya ketimbang ayam goreng di warung padang kwkwkw.

Dari dulu emang kepengen banget nyoba bikin si ayam seksi ini. Tapi mikir-mikir kayaknya ribet, udah gitu gede binggo siapa yang mau makan kalau Cuma berdua? Secara Umaro kan belum bisa icip-icip. Tapi akhirnya kesampaian juga bikin pas ngadain buka bersama dirumah sama sahabatnya suami sekeluarga.

Setelah eksekusi, ternyata boooo emang dasarnya makanan orang sonoh (barat) itu simple bin gampil (halah bahasanya). Jadi gak usah mikir itu rempong masaknya apalagi punya baby yang mulai banyak melek dan ngajak main kayak Umaro. Udah gituuuu, bumbunya boooo. Iya bumbunyaaaaaa simpeeeeeel. Serius gak usah uleg-uleg, trus pergi ke barat mencari sebelas bumbu rahasia. Cuma butuh 3 bumbu dasar + 1 Bumbu rahasia.

3 bumbu dasar itu antaranya
Garam, Lada hitam/lada biasa, bawang putih. Nah rahasia rasa khas dari Roasted Chicken ini ada pada 1 bumbu rahasia (mulai lebay neh). Dan bumbu itu gak perlu dicari tapi juga gak mungkin datang sendiri sih. Cuma perlu ke pasar modern ajah, banyak kok yang jual hehehe.
Daun Thyme Segar (doc.Google)
Bumbu yang di maksud adalah Thyme. Hah?! Apaan tuh?!
Thyme adalah sejenis tanaman rempah yang asalnya dari mesir. Beberapa negara menggunakan rempah ini sebagai bumbu masakan. Aromanya memang khas banget. Dan tau gak siiih, ini taneman memang banyak khasiatnya. Di Yunani sendiri Thyme dipakai sebagai obat herbal.
Daun Thyme Kering dalam Kemasan, Bukan Promosi ya :p (doc.Google)


Khasiat Daun Thyme
  1. Menyembuhkan jerawat. Pasti tidak ada orang yang menyangka jika daun thyme mampu mengusir jerawat dari kulit kita. Hal ini dikarenakan daun thyme bersifat anti bakteri sehingga dapat digunakan sebagai krim anti jerawat.
  2. Mengontrol tekanan darah.  Tanaman Thyme mengandung banyak ekstrak air yang dapat megurangi tekanan darah dalam situasi hipertensi.
  3. Mencegah rambut rontok. Daun thyme saat dikombinasikan dengan herbal lainnya dapat digunakan sebagai minyak ensesial. Daun thyme dapat memperkuat akar rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.
  4. Meningkatkan kesehatan tulang. Daun thyme merupakan sumber dari vitamin K, zat besi, mangan dan kalium. Daun thyme dapat meningkatkan kesehatan tulang. Daun ini akan memberikan nutrisi pada tulang sehingga mengurangi resiko terkena penyakit tulang.
  5. Memperlancar pencernaan. Ramuan teh yang dibuat dari daun thyme sangat bagus bagi mereka  yang menderita gangguan pencernaan dan kembung. Karena minyak atsiri dapat memberikan bantuan dari kram usus.
  6. Mengobati masalah pernafasan. Mengkonsumsi air hangat yang dicampur dengan daun thyme dapat mengobati penyakit pernafasan seperti bronkitis, batuk, dan pilek.
  7. Mengobati anemia. Kandungan zat besi yang tinggi pada daun thyme bermanfaat sekali untuk menyembuhkan anemia dan kekelahan yang sering diderita para wanita.


Gue awalnya juga gak tau apa itu daun thyme, sempet putus asa juga karena dari video yang gue tonton si Koki pake daun yang seger banget. Bolak balik Supermarket gak nemu. Ternyata kalau di sini kebanyakan dijualnya sudah dikeringkan. Tapi jadi lebih awet sih ketimbang yang masih fresh. Aromanya konon juga lebih kuat.

Nah sekarang simak cara simple memasak Roasted Chicken alias Ayam Panggang.

Bahan:
1 ekor ayam utuh (simple kan gak usah di potong-potong)
1 buah wortel besar
1 buah kentang besar
Minyak zaitun/goreng secukupnya
Mentega secukupnya
Garam secukupnya
Lada hitam/putih secukupnya
1 siung bawang putih geprek
Daun Thyme segar/kering secukupnya

NB: pokoknya semua di cukup-cukupin ajah yak, apalagi kalau tinggal sedikit di dapur bahannya hihihi

Cara membuat:
  1.  Cuci ayam sampai bersih. Tapi gak usah di sabunin ya :p
  2. Lumuri Ayam dengan garam, dan lada.
  3. Pada bagian rongga perut ayam masukkan bawang putih yang sudah di geprek, garam dan lada. Jangan lupa daun Thyme nya juga.
  4. Kemudian buat rongga antara daging dengan kulit pakai jari dibagian punggung atas dan bawah, serta paha si ayam. Terus rongga-rongga tersebut sempilin mentega dan daun Thyme.
  5. Setelah itu letakkan ayam di atas wadah yang sudah di lapisi dengan alumunium foil. Panggang di dalam oven dengan suhu 200 derajat celcius.
  6. Panggang selama 45 menit.*
  7. Sambil menunggu ayam di panggang, cuci, kupas dan potong-potong kentang dan wortel. Taburi dengan minyak zaitun, dan Thyme dan lada.
  8. Setelah ayam di panggang selama 30 menit, tata kentang dan wortel di sekitar ayam. Panggang lagi sampai 15menit/matang.


*) Setiap Oven punya cara kerja berbeda. Jadi patokan waktu memanggang di atas tidak berlaku pada setiap oven ya. Bisa juga di panggang pakai happy call

8 komentar:

  1. wah ya enak punya oven, aku manggangnya piye :D>

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake happy call hehehe, tapi yang lagi kekinian pake teflon biasa

      Hapus
  2. Wah perlu di coba nih resepnya, mayan bisa hemat dari pada jajan di luar heheh

    BalasHapus
  3. Memang enak dan simple. Saya sering bikin di rumah. Lumayan menghemat enerhi tapi masih bisa makan enak XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prestisnya juga dapet ya Mba, berasa masakan di resto gitu hihihi

      Hapus
  4. masakan bule itu memng jauuh lbh gampang ya sbnrnya :D.. ga ribet bahan kayak masakan kita.. blm lagi pake acara ngulek dan lain2 :D. trs waktunya juga jauuuh lbh lama drpd bikin menu model western gini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul mba, kalau masak ala2 kita luar biasa. Mungkin itu yang bikin rendang masuk list masakan terenak sedunia hehehe

      Hapus