Menulis 45 Buku Miyosi | "Musti Kreatif Jangan Ngandelin Royalti Ajah"

Yang Minta Buku Gratisan Siap-Siap Di Terkam kwkwkw :p

Semalam gue akhirnya berkesempatan baca komik Hai Miiko nomor 28. Meski dah berbulan-bulan terbit, susyah sekali merayu suami buat “jajan” komik. Kalau beli buku sih di acc, meski kadang diledek dulu “emang yang kemaren dah dibaca?” kwkwkw

Nah di komik itu, ada satu cerita yang rasanya nohok hati gue sebagai pembaca dan penulis (lebih tepatnya punya banyak teman penulis kwkwkw). Ceritanya si Miiko mau hadiah komik satu set, tapi sama ortunya di batasi nominalnya. Ternyata ada toko buku baru buka yang menjual buku-buku bekas.

Gue ini orang yang suka jajan buku bekas, tapi lebih sering karena terpaksa sih. Misal buat melengkapi koleksi yang bukunya dah susyeh di cari di toko buku. Jadi kudu beli bekas, jadi bukan sekedar nyari murah ya hehe.

Nah di komik Hai Miiko itu, ibunya Miiko yang memang kebetulan editor komik menjelaskan kalau beli buku di toko buku bekas kasihan penulisnya. Karena tidak akan dapat royalti. Trus distributornya juga, dan mata rantai lainnya yang ada hubungannya dengan buku tersebut. Kalau kita beli bekas, Cuma sampai menguntungkan si penjual saja.

Gue kadang suka mikir Sih, kalau ke Bookfair gitu trus liat buku di diskon sampe harganya Cuma sebatas harga produksi ajah gimana ya perasaan penulisnya? Pernah denger selentingan temen-temen penulis yang curhat klo udah di obral gitu mereka dah gak dapet royalti.

Jadi ternyata gak cuma temen yang minta gratisan buku yang bikin miris kala berkarya, tapi juga momen obral dan jual bekas juga bikin baper penulis. Eh tapi ada loh ternyata penulis yang juga santai nih menanggapi tiga moment “Valak” (mengerikan maksudnya, lagi viral banget nih Conjuring 2) tersebut.

Sebut saja namanya Miyosi
(kayak korban yak kwkwkw Abaikan), nama sebenarnya adalah Miyosi Margi Utami. Perempuan kelahiran Batu 25 Desember 1986 yang sempat mengaku Single sama gue (Gue aduin suami loe loh Mba Miyo) tapi sebenarnya udah nikah muda sejak 7 tahun silam. Yaaah untung wajahnya sih mendukung untuk dikira wanita single (bo, gue waktu gadis ajah dah dikira punya 5 anak hiks).

Belum baca sih, tapi mungkin kita bisa kepoin tentang nikah mudanya doi disini hehehe *peace

Meski benar fakta menyedihkan seputar moment mengerikan saat karya terbit, tapi doi ternyata santai bo. Katanya menghadapi teman-teman yang suka minta gratisan sama doi dihadapi dengan santai dengan nantangin buat beli dengan harga lebih tinggi. “Mereka mah Cuma bercanda, ya udah aku balas bercanda juga. Khusus kamu, harga malah kunaikin” (Padahal kalau gue sih serius minta gratisan #plak)

Kata cewek yang sudah nulis 45 buku (daftarnya bisa cek disini) baik sendiri maupun kroyokan ini, “Makanya jadi penulis gak boleh ngandelin Royalti Doang. Musti kreatif, sambil nunggu buku terbit, bisa nulis artikel atau ngedit.” Emang denger-denger dari sohib-sohibnya mba Miyo ini “proyeknya” bejibun sampe di julukin “Manusia Deadline”.

Salah Satu Buku Doi Yang Gambarnya Gue Culik Dari Facebooknya :p


Dan kerennya si editor freelance ini emang legowo banget deh menghadapi fakta buku di obral atau dijual di toko buku bekas. Menurutnya meski sedih, setidaknya membantu orang-orang yang semula gak mampu beli karena mahal jadi bisa beli (woooi yang punya duit beli baru woooi).

Tapi namanya udeh passion sih ya. Kadang orang yang bekerja karena passion emang udah gak mikirin materi (kecuali kepepet kwkwkw). Yang penting jiwanya bisa lepas lewat karya yang dibuatnya sesuai dengan passionnya itu.

Nah ternyata sodara-sodara gue dan mba Miyo ini banyak kesamaan. Dan wawancara dengan doi bikin gue semangat naek sampe ubun-ubun. Soalnya alasan-alasan yang doi kemukakan bagai kepingan puzzle yang lagi gue susun saat ini buat melengkapi babak baru dalam hidup ini *tsaaaah.
Pas gue tanya apa sih alasan doi nulis? Jawaban doi begini (gue copy paste dari obrolan santai WhatsApp Kami ye..

  1.  Emng suka nulis, sdikit kujelasin d www.rumahmiyosi.com bagian perjalanan menulis wlo blom kulanjutin hehe
  2. Suka baca n nonton film, hubunganny sm nulis? Mreka berdua itu smacam riset, habis riset smacam ingin nyalurin sesuai pmikiran, y apa dong slain nulis. Scara g bisa gambar
  3. Tujuan trselubung apaan y, g ad kykny, cm emng ngrasa dunia pnulis itu keren n slalu brkembang, pnuh risret2 gitu. Kerenn bgts
  4. Ingin berkontribusi lewat tulisan. Klo ilmuwan kan bikin pnemuan n alat2. Nah brhubung gw g bs bikin psawat kayak p habibie atw bukan ilmuwan yg kerjaanny bikin alat2, y udh aku nulis aj, stidakny berkontribusilah slama idup wlo cm seupil ibaratny.
  5. Salah satu cita2ku pas muda dulu adlh jd aktivis, smacam kerja d ngo atw unicef, intiny aktivis gitu y kayak totto chan. Tp kusesuaikn sm kondisiku yg kykny g mngkin scara pny kluarga yg harus kuurus. Tp bukan brarti mati gaya, ad bnyk cara, salah satuny nulis. Makany ini smngt bgt ngurusin projek nonprofit krn mngkin sesuai ama idealisme, mudah2an nanti bisa kesebar ke sluruh plosok


Hahaha gue juga emang lagi “nyari kesibukan” biar bisa tetep “eksis” meski sekarang jadi lebih banyak di rumah. Dan jawaban mba Miyo bener-bener mencerahkan otak dan jiwa gue kwkwkw. Jadi entahlah sebetulnya sesi wawancara gue dengan doi itu benar sesi wawancara atau sesi CurhatDe yak? Kwkwkw



But senenglah bisa ngobrol dengan cewek yang kata temen-temennya paling usil dan rame sedunia ini.

11 komentar:

  1. ayo semangat berkarya pitak, eh Pitaaaa.. woi blog lu jangan lupa dipasangin follow blog ya

    BalasHapus
  2. Ooooh belum yak hehehe, oke nti di utak atik lagi. Maklum masihan gaptek kwkwkw

    BalasHapus
  3. Ya ampun kak pitah, kamu keren banget lihat foto banner di bloggnya dengan seaneka gudang jobnya, sukses ya buat miyo dan kak pitah alias emaknya umarooo

    BalasHapus
  4. Hehehe pokoknya gak jauh2 dari mic lah, mau di tambah singer kata suami "suaramu gak merdu, gak usahlah" kwkwkwk

    BalasHapus
  5. halo Kak Pita...
    Mantap nih hasil wawancaranya dengan Mba Miyosi :)

    BalasHapus
  6. wkwk
    lah pit itu pan becandaaaa, hadehh
    moga2 ni laki gw, mertua gw, tetangga gw, temen2 sd gw, temen2 gw maen layangan, gak baca postingan lo wkkwkwk *peace
    makasih, say
    dikau juga keren, mauu dunk didongenginnn

    BalasHapus
  7. Widiiiiih... tuh kan kalo salah niat nulisnya gak nembus2
    Tfs kak mpit

    BalasHapus
  8. Widiiiiih... tuh kan kalo salah niat nulisnya gak nembus2
    Tfs kak mpit

    BalasHapus
  9. Widiiiiih... tuh kan kalo salah niat nulisnya gak nembus2
    Tfs kak mpit

    BalasHapus
  10. Wawancaranya okey tuh..
    Pasang follow Kak Pita.. biar saling follow hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku udah pasang follow loooh

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger FLP

Kumpulan Emak Blogger

Female Blogger Banjarmasin

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan