Follow Us @curhatdecom

Rabu, 18 Mei 2016

Ini Dia List Wajib Menyambut Kelahiran Baby...

Yuhuuuu... it’s time buat kembali menulis setelah sekian lama. Riweuh selama hamil dan persiapan kelahiran, dan sekarang ternyata tetep riweuh karena kehadiran baby Umaro. Tapi alhamdulillah riweuh yang menyenangkan. Nah, berhubung gue lahiran jauh dari ortu, berbagai hal diurus sendiri dibantu suami tentunya. Mumpung Baby Umaro lagi tidur, mari kita bersih-bersih debu laptop dan blog yang ternyata mulai berdebu kwkwkw.

Namanya pengalaman punya anak pertama, selaku emak-emak rasanya klo ke toko perlengkapan baby semua pengen dibeli dari A-Z. Tapi biar gak mubadzir, ini dia refrensi beberapa item yang wajib ada dalam list menyambut kehadiran baby new Born diantaranya:
  1. Popok Bayi minimal 2 lusin
  2.  Baju bayi new born lengan pendek ½ lusin
  3. Baju bayi lengan panjang ½ lusin
  4. Kaos dalam minimal 1 lusin
  5. Celana panjang minimal ½ lusin (lebih kalau baby nya gak pakai diapers)
  6. Celana pop/pendek baby new born minimal 1 lusin
  7. Sarung tangan minimal ½ lusin
  8. Sarung kaki/kaos kaki baby new born minimal ½ lusin
  9. Topi Bayi minimal 3 (baby Umaro sih gak pernah pake hihihi lepas terus)
  10. Make up Baby; minyak telon, baby oil, Sabun, shampo, sabun khusus untuk ruam, Baby cream,bedak*
  11. Perawatan baby; sisir baby, gunting kuku, cutton bud, tisue basah/kapas bulat, tisue kering
  12. Bedong minimal ½ lusin (baby Umaro hobi di bedong jadi ternyata suka di bedong sampai sekarang udah sebulan lebih umurnya). Saran gue beli yang bahannya kaos, biar adem. Kalau bedong jaman dulu bahannya Flanel.
  13. Bedong bahan flanel/alas ompol minimal 1 lusin
  14. Perlak minimal 1 (sebaiknya punya dua, kalau yang satu kotor bisa di cuci trus ada serepnya)
  15. Tas Bayi
  16. Deterjen cair (lebih efektif membersihkan popok dari bekas pup baby)
  17. Gendongan dan selimut Baby
  18. Diapers for new born (sebaiknya selektif memilih diapers sekali pakai untuk menghindari ruam popok). Terpakai kalau mau pergi kontrol atau vaksin baby.
  19. Kurma untuk Proses Tahnik


Mungkin ada yang bertanya-tanya, kok gak ada gurita? Kata dokter gurita tidak bagus bagi bayi. Khawatir malah membuat sesak dan berbahaya. Penggunaan bedong juga banyak pro kontra sebetulnya. Sebagian bayi memakai mungkin gak betah pakai bedong. Mungkin karena merasa panas atau bedongnya tidak nyaman.

Baby Umaro pakai bedong yang bahannya dari kaos. Dan entah kenapa Umaro justru nyaman dibedong, malah di waktu-waktu tertentu kalau gak dibedong dia rewel. Bedong membuat bayi merasa dipeluk sepanjang waktu. Bayi 0-1 tahun bentuk kakinya memang ”O” kok, jadi bisa dibilang pakai bedong biar kaki anak lurus gak 100% benar. Yang pasti saat dibedong anak merasa hangat, asal tepat memilih bahan dan tidak terlalu kencang memakainya.

*bedak tidak dianjurkan untuk baby new born sampai satu tahun. Karena jika abu bedak terhirup baby bisa berbahaya. Umaro pakai bedak merk tertentu untuk mengatasi ruam popoknya. Dari sekian merk hanya satu yang mengandung zinc sehingga bisa membantu mengatasi ruam popok satu merk dengan baby creamnya. Nah kalau tetap mau pakai bedak, ada satu merk yang punya produk bedak padat. Jadi meminimalisir debu bedak terhirup baby. Hehe cari ajah di supermarket atau toko baby klo penasaran karena gue gak sebut merk hehehe.

Apakah list di atas perlu di bawa ke tempat persalinan? Nah kalau itu koordinasi dulu dengan Fasilitas Kesehatan yang akan dituju untuk bersalin. Apakah perlengkapan baby disediakan atau tidak. Kalau di jakarta sebagian besar sudah tersedia. Ibu hanya perlu membawa baju pulang untuk baby. Kalau di Banjarmasin, yang di fasilitasi hanya sekali saat bayi baru lahir. Sisanya disediakan sendiri oleh orangtua baby. So, kemarin saat lahiran Umaro rasanya kayak mau pindahan rumah karena membawa dua tas besar hihihi.



Yups sekian dulu list wajib menyambut baby new born. Insya Allah next postingan mau share List Optional menyambut Baby New Born. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar