Yuk Buat Sendiri Yoghurt di Rumah


Hi... Bikin apa kita kali ini? Katanya sih ya kalau lagi berbadan double terjadi perubahan hormon yang kemudian bisa mempengaruhi mood seorang wanita. So, sebenernya sih lagi males bikin ini itu. Tapi berhubung udah kepengen pake banget bisa ngemil yoghurt setiap hari, akhirnya rasa males harus di basmi.

Konon katanya Yoghurt memiliki banyak manfaat, bahkan untuk ibu hamil. Kebetulan saya suka banget sama minuman yang satu ini, dari dulu mau bikin masih ragu lantaran di Banjarmasin ini sulit
menemukan tempat membeli susu murni. Kalaupun ada harganya dua kali lipat dari harga susu UHT. So untuk proses pembuatan Yoghurt kali ini saya menggunakan bahan dasar susu UHT.

Cara membuat Yoghurt ini sebetulnya gampang-gampang susah. Gampang prosesnya tapi harus hati-hati. Karena yang kita lakukan adalah berternak bakteri baik. Jadi kita harus pastikan peralatan yang digunakan steril sehingga prosesnya bisa berjalan dengan baik.

Bahan-Bahan yang dibutuhkan


  1. Susu UHT/ murni  1 liter (Penggunaan susu UHT tidak perlu direbus lagi karena sudah melalui proses pasteurisasi. Sedangkan penggunaan susu murni harus di hangatkan dulu, tapi tidak perlu sampai mendidih. Cukup sampai hangat-hangat kuku saja.)
  2. Biang Yoghurt sebanyak 5% dari dari jumlah susu. Biang Yoghurt ini bisa kita dapatkan di supermarket. Carilah Yoghurt yang Plain dan ada tulisan “SET Yoghurt”. Jangan menggunakan Yoghurt yang sudah diberi pemanis atau perasa. Sebab saat pemanis dan perasa sudah digunakan bakteri dalam yoghurt berhenti berkembang
  3. Gula sesuai selera

Cara membuat:


  1. Siapkan wadah kedap udara untuk wadah pembuatan.
  2. Campurkan susu dengan biang yoghurt (Jika Susu murni yang direbus, tunggu sampai benar-benar dingin). Aduk hingga rata menggunakan sendok bersih, kalau perlu disterilkan dengan disiram air panas.
  3. Tutup rapat wadah kedap udara, simpan di tempat gelap dan bersuhu sekitar 35 derajat celcius. Kalau saya biar gak ribet cukup di masukin ke dalam lemari penyimpanan makanan hehehe
  4. Diamkan selama 20 jam untuk masa fermentasi. Kalau tingkat keasaman belum sesuai harapan diamkan lebih lama.
  5. Setelah mencapai tingkat keasaman yang diinginkan, sisihkan sekitar 5% dari total bahan untuk digunakan sebagai biang berikutnya. Biang ini bisa bertahan selama seminggu disimpan di dalam kulkas. Lumayan daripada harus beli biangnya terus, 500ml harganya sekitar 50 ribuan hehehe
  6. Kemudian sisa adonan disaring untuk memisahkan ampasnya. Ampasnya ini bisa di masukkan ke adonan biang sehingga bisa menambah jumlah bahan biang (ini sih gak mau rugi, biar gak ada yang kebuang hehehe)
  7. Adonan yang sudah disaring bisa ditambahkan gula cair atau buah potong sesuai selera.
Nah kira-kira itu hasil eksperimen saya. Ada yang berminat mencoba? Hayuk bikin sendiri Yoghurt untuk cemilan keluarga, selain lebih hemat (gak ribet serius deh) karena dibuat sendiri jadi lebih terjamin kan kebersihan dan kualitas bahannya. Selamat mencoba J

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger FLP

Kumpulan Emak Blogger

Female Blogger Banjarmasin

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan